The Great Marketing Road Map Part 1

Artikel kali ini saya akan memaparkan materi dari seminar Pak Laksita yang bertema The Great Marketing Roadmap yang di adakan di UNY. Saya juga sempat menyinggung sedikit materinya di artikel yang berjudul Seminar Great Marketing Roadmap. Kurang lebih inilah isi dari seminar itu.

Hukum Pertumbuhan Bisnis

hukum pertumbuhan bisnis
Sumber: pixabay.com

Hukum pertumbuhan bisnis itu ada tiga fase tiga fase itu survive, grow & Lead (mulai memimpin). Tiga fase yang pasti dialami ketika kita istiqomah membesarkan bisnis kita. untuk tiga fase ini sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya.

4 Fase Penting Dalam Bisnis

fase penting dalam bisnis
Sumber: pixabay.com

Di buku manapun yang kita pelajari, kita pasti akan bertemu dengan empat hal, yaitu :

1. Brainstroming
2. Stroming
3. Normalizing
4. Performing

Itu semua adalah siklus perubahan yang harus siap kita hadapi dalam membesarkan bisnis. Semua yang kita pelajari hanya akan menghasilkan sesuatu ketika yang kita pelajari itu kita praktekkan. Ketika dipraktekkan akan bertemu seribu macam ketidak idealan dan seribu macam permasalahan.

Begitu di jalani, maka tentunya saat ketidak idealan tersebut membuat kita keesokan harinya menjadi tidak semangat bahkan bisa stress. Di sinilah fase storming terjadi, ada perlawanan karena beribu permasalahan tersebut. Pada saat normalizing, intinya kita harus tetap terus berjalan untuk membuat target.

Keesokan harinya coba lagi ketika hari ini gagal, coba lagi dan lagi. Pasti permasalahan ada, tapi terobos saja dan jangan putus asa. Lama-lama jika dipaksa terus jalan, maka akan mulai terbentuk performancenya. Disini kemudian kita akan melakukan temuan-temuan masalah baru dan kembali ke fase brainstroaming, storming, normalizing, performance.

Nikmati Proses Jangan Menyerah

nikmati proses
Sumber: pixabay.com

Fase ini tidak bisa diloncati begitu saja. Harus dilewati meskipun menyakitkan. Begitu reputasi kita dapat, apapun yang kita jual akan mudah.

Maka, fase ini menyakitkan ? Iya! Jika kita tidak lewati, dan kita acuhkan , maka fase kita berada dalam fase survive saja, tidak naik ke fase grow.

Pentingnya Sebuah Target

sebuah target
Sumber: pixabay.com

Berapa rupiah target pendapatan yang anda harapkan dari bisnis anda setiap bulannya? Berapa miliar? Berapa ratus juta? Sudah ada blue print strateginya? Apa pengorbanan yang siap anda lakukan untuk mendapatkan semua itu secara rutin dalam 3-6 bulan ke depan?

Rencana Kerja Itu Penting

rencana kerja
Sumber: pixabay.com

Dari target ini kita bisa membuat rencana kerja dari hari per hari, sehingga kita bisa target secara keseluruhan. Belum di bagi per produk, kira-kira mungkin tidak kita jualan sesuai target per hari tersebut? Bagaimana caranya?Setidaknya kita harus tahu caranya mencapai target tersebut, serapan pasarnya, lokal, regional, nasional, internasional. Nama besar perusahaan harus dibangun.

Contoh Kasus

contoh kasus
Sumber: pixabay.com

Ada lembaga pendidikan di Malang yang diminta dicoaching agar dapat mahasiswa yang tergerus pasarnya oleh UMM dan Unibraw. Fokus ke masalah yang dihadapi puluhan ribu mahasiswa yang berhasil di garap oleh UMM dan Brawijaya adalah mahaiswa yang bermasalah di skripsi. Buatlah bimbingan skripsi 5 juta sampai lulus contohnya pasti banyak mahasiswa yang mengantre. Kita harus sensitif untuk hidup dari masalah orang lain. Karena di dalam kerumunan maslah tersebut adalah uang.

Seberapa Besar Market Size

market size
Sumber: pixabay.com

Dalam bisnis kita harus market size yang kita mainkan itu seberapa besar sehingga layak untuk kita prejuangkan. Ada sebuah perusahaan yang dengan bangganya dapat omzet 1,7 miliar dari 23 cabang. Tapi bisa tidak angkat 1,7 miliar itu dikunci tanpa keluar daerah hanya fokus di market daerahnya.

Mau kita mentarget 1 miliar, 500 juta, itu enteng sebenarnya. Jika kita mau tahu! Pasti ada jawabannya! Yang namanya target pasti butuh syarat dan ketentuan berlaku, berarti harus rela melakukan apapun untuk mendapatkan itu dalam jangka waktu 3-6 bulan.

Proses ini terlihat dalam waktu 3 bulan, klo dalam 6 bulan tidak cukup, maka ada proses yang salah. Banyak teman-teman yang punya usaha, setiap harinya bengong. Jadi, selain target uang, maka juga harus ada jangka waktunya.

Bersambung. Artikel akan diteruskan di artikel selanjutnya.