The Great Marketing Road Map Part 2

great marketing roadmap
Sumber: pixabay.com

Saya akan melanjutkan materi yang kemarin tentang seminar the great marketing road map bagian 2. Untuk materi sebelumnya bisa anda akses di sini.

Tiga Pilar Untuk Memecah Market

pilar marketing
Sumber: pixabay.com

Salah satu teknik untuk memecah target , dengan menjalankan tiga pilar. Target sebesar apapun, akan beres dengan tiga pilar ini. Pertama, perbanyak pilar pemasukan dengan cara membangun keunggulan bersaing. Kedua, jalankan pemasaran berkesinambungan. Ketiga, buat kemasan barang yang biasa menjadi kemasan yang wow, naik 125 ribu biaya produksi, tetapi nilai jual 100-200 kali lipat.

Rahasia membangun pilar permasukkan yang efektif adalah ibarat bangunan ditopang oleh 1 pilar atua 2 pilar saja pasti runtuh, dalam bisnis juga begitu. Jika kita hanya mengandalkan satu produk untuk mencapai satu target pasti berat.

Ciptakan Better Solution Product

better solution
Sumber: pixabay.com

Sediakan produk atau jasa yang menjadi better solution bagi masalah yang dihadapi oleh pasar. Tujuan dari bisnis itu adalah membantu pasar. Jika penjualan seret, jangan-jangan kita belum mendefinisikan ulang bisnis kita. Ini adalah kunci utama kita harus mengetahui ini!

Tidak terjebak pada produknya, tapi bisnis kita itu adalah membantu menyediakan solusi yang lebih baik bagi masalah yang dihadapi oleh pasar dengan suatu produk. Apapun bisnis kita tujuannya adalah membangun aset, bukan mati hidup sebuah produk.

Banyak yang keliru, tersesat, mati-matian membela produk. Hanya berjibaku pada satu ranah saja dan kadang tidak tepat sasaran. Bisnis harus memberikan solusi, kalau pun bisnis kita memberikan solusi jika tidak lebih baik, Kenapa juga pembeli harus beralih ke tempat orang lain.

Masing-masing Punya Produk Turunan

produk turunan
Sumber: pixabay.com

Misal properti, maka setelah jualan rumah produk turunannya adalah bagaimana cara memantaince ya, karena kita tahu struktur bangunannya, seperti renovasi, interior exterior design, landscaping, taman, pasang solar sell. dll. Itu bisa menjadi garapan baru untuk bisnis kita.

Kenali Serapan Pasar Dan Spot Areanya

serpan pasar
Sumber: pixabay.com

Kita harus mengenali membangun pilar yang efektif, yang paling gampang adalah definisikan kembali arti dari bisnis kita, bisnis kita sebenarnya adalah membantu menyediakan solusi yang lebih baik bagi masalah yang dihadapi oleh pasar, bisnis kita hanya akan terus hidup selama pasar terus bermasalah dengan hidup mereka.

Satu contoh lembaga pendidikan Indonesia yang membikin pasar expart. Dia tawarkan 9 juta untuk pelatihan itu kepada para expatria. Dalam 1 tahun dia tidak lebih dari 85 juta. Modul ini yang membutuhkan memang orang asing, tapi bisa jadi orangnya tidak harus di Indonesia. Maka buatlah kursus online yang bisa diakses pertahun.

Cerita Ibu-ibu Bisnis Garmen

bisnis garmen
Sumber: pixabay.com

Ada satu lagi cerita ibu-ibu yang terpuruk bapak ibunya terjerat investasi bodong sebesar 750 juta. Lagi dinas di Taiwan beliau adalah dosen Bahasa Mandarin dan Bahasa Inggris dan tidak tega dia pun pulang untuk membantu bapak ibunya. Beliau balik ke Indonesia, bingung saat itu sang suami punya usaha tapi usaha suaminya sedang mandek.

Secara terpaksa mbak nya ini pulang harus punya usaha. Dirumah yang ada hanya mesin jahit padahal dia juga tidak bisa jahit. Dengan sisa uang yang ada jual barang bekas, sempet sempetnya beli buku. Dia contek habis studi kasus perusahaan garmen yang head to head melawan brand nasional.

garmen ekslusif
Sumber: pixabay.com

Dia punya produk , mereka bikin katalog yang sangat eksklusif, orang lihat pasti mengira bahwa produk buatannya pasti brand besar. Masalahnya dia tidak punya kemampuan untuk menjual. Akhirnya dia lihat segmen pasar itu adanya di mall-mall, untuk menjual produk tersebut dengan harga yang bagus maka mau tidak mau harus jual di mall. Dan akhirnya bisa tembus 2 M. Kenali pasar aja udah tembus 2 M.

Sekian dulu. Akan dilanjutkan di artikel selanjutnya.