Tips Membuka Usaha Ini Perlu Diperhatikan Untuk Pemula

tips membuka usaha

Kenapa harus menjadi pengusaha

Tips membuka usaha sebagai pemula dalam dunia usaha sangat penting. Contoh proposal usaha yang baik pun anda harus mengerti untuk mengajukan ke investor. Di Indonesia kebanyakan orang memilih karirnya untuk menjadi karyawan atau pekerja. Mereka beralasan bahwa menjadi karyawan itu enak, tidak harus mengeluarkan modal, memiliki pikran takut gagal jika memulai usaha. Hal menariknya ternyata orang yang nyaman menjadi karyawan mereka belum pernah sama seklai mencoba untuk berbisnis. Atau mereka mencoba untuk menjalankan bisnis tapi, karena mengalami kegagalan cuma beberapa kali, mereka pun merasa putus asa bahwa jalan pengusaha bukan jalanya dan mundur dari usahanya. Lantas apa alasannya kita harus menjadi seorang pengusaha?

Bebas Menentukan Nasib

Jika kita menjadi seorang engusaha, kita akan memiliki waktu yang fleksibel dan juga bisa menentukan nasib kita sendiri. Misal kita ingin mencapai kesuksesan dengan cepat maka kita pun harus bekerja dengan keras untuk mencapai kesuksesan itu. Sebaliknya jika kita santai-santai saja, memperoleh kesuksesannya pun akan lambat. Itu semua tergantung dari motivasi diri masing-masing.

Jam kerja fleksibel

Apabila kita menjadi seorang pengusaha, kita bebas menentukan jam kerja yang kita inginkan, tidak seperti karyawan yang memiliki jam kerja pasti dan itu tidak bisa dirubah. Apalagi jika ada jam lembur bisa seharian penuh ada di kantor.

Bisa Merealisasikan Ide

Apabila kita memiliki ide yang bagus, kita bisa langsung mengeksekusi ide tersebut. Hal ini yang sangat susah apabila kita menjadi karyawan atau pekerja. Walau kita adalah seorang karyawan dari sebuah perusahaan ternama, kita itu cuma bagian terkecil dari sebuah sistem yang sedang berjalan.

Bebas Finansial

Menjadi pengusaha yang enak itu bisa menikmati bebas finansial. Untuk bebas finansial ini kita tak harus menjadi seorang konglomerat. Kita jangan berpikir untuk menjadi orang kaya yang instan, karena itu akan membuat kita malah terjungkal. Bangun dan kelolalah usaha yang kita bangun dengan tidak terburu-buru. Hiduplah menjadi orang yang sederhana tinggalkan gengsi jauh-jauh jika anda ingin menjadi seorang pengusaha.

Tips Membuka Usaha Bagi Pemula

Sebelum membuka atau memulai usaha ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Hal itu diantaranya :

Fokuslah Pada Satu Peluang Bisnis

Perkembangan internet membuka banyak sekali peluang-peluang usaha. Dengan adanya peluang usaha yang bisa kita jalankan malah membuat bingung peluang mana yang akan kita ambil dan dijalankan. Malahan banyak orang yang menjalankan beberapa pluang usaha yang ada dan malah menjadi tidak fokus dan pada akhirnya semua usahanya gagal. Alangkah baiknya jika anda ingin memulai usaha,pilihlah salah satu peluang usaha saja dan fokus disana sampai usaha itu besar. Hal itu juga akan membuat ide dan pikiran kita akan tertuju ke satu titik saja sehingga akan untuk pengembangan usaha akan semakin terarah.

Cintai Apa yang Anda Kerjakan

Kita harus mencintai apa ang kita kerjakan, supaya kita tidak merasa terbebani dengan apa yang kita kerjakan itu. Dengan kita mencintai atau menikmati perkerjaan yang kita lakukan akan terasa nyaman dan tidak merasa tertekan. Pekerjaan yang kita kerjakan pun akan lebih maksimal. Tai bagi kamu yang ingin berkeinginan untuk menjadi pengusaha, alangkah bagusnya untuk memulai usaha dengan berdasarkan hobi atau sesuatu yang memang kita menyukainya. Misalnya anda punya hobi atau suka dengan dunia pemrograman, anda bisa membuka jasa atau pelatihan membuat aplikasi. Dengan harapan membuka usaha sesuai hobi adalah agar hobimu terpenuhi dan anda pun mendapat penghasilan.

Teruslah Pelajari Tentang Bisnis yang Anda Jalankan

Pada awal-awal merintis usaha, biasanya investor enggan untuk berinvestasi di usaha yang kita baru mulai rintis. Hal itu wajar, karena para investor masih belum yakin dengan usaha yang sedang anda jalankan. Tapi, anda juga harus belajar tentang usaha yang sedang anda jelankan. Siapa tau nanti ada investor yang ingin berinvestasi dan anda pun harus siap untuk memberikan penjelasan yang baik tentang usaha anda kepada calon ivestor anda. Sehingga investor yakin bahwa dia menaruh uangnya di orang yang tepat. Jadilah pengusaha yang amanah dan jujur agar anda mendapatkan nilai kepercayaan di mata orang lain.

Belajar Dari Orang Lain

Pastinya semua manusia yang hidup di dunia ini memiliki kekurangan dan kelebiha masing-masing. Tidak ada yang menguasai segala hal, oleh sebab itu berpikir dan bersikap terbukalah kepada orang lain. Dengan anda mencoba untuk saling meminta saran dan masukan dengan teman, guru bisnis, mentor, dan orang-orang yag anda anggap sukses, anda bisa mendapatkan hikmah dan ilmu baru yang telah mereka pernah lalui dan kerjakan di selama hidupnya. Memilih seorang teman atau mentor pun harus jeli, jadilah pendengar yang baik dan jangan terlalu banyak bicara. Jadikanlah pengalaman orang lain sebagai bekal pengetahuan anda untk menjalankan usaha anda.

Jadikanlah Kegagalan Sebagai Pelajaran

Tak ada yang pasti di dunia usaha. Cuma ada dua pilihan saja yang bisa anda pilih di dalam hidup untuk menuju kesuksesan, yakni anda maju atau hanya diam saja. Apabila anda ingin maju, maka anda harus siap menghadapi rintangan dan kegagalan yang pasti menanti anda. Karena semua yang anda rencanakan pasti ada saja yang tidak sesuai dengan keinginan. Dengan kegagalan anda akan menjadi orang yang lebih bersabar dan mendapatkan hikmah agar anda tidak mengulangi kesalahan anda lagi. Guru terbaik ya kegagalan, belajarlah dari kegagalan agar kamu menjadi orang yang tidak gampang putus asa dan memiliki jiwa besar.

Tetap Perhatikan Kesehatan Anda

Untuk mencapai sebuah kesuksesan memang anda harus dituntut untuk selalu bekerja dengan keras, tapi anda jangan melupakan tentang kesehatan tubuh dan jiwa anda. Apabila anda selalu menjaga kesehatan niscaya anda akan menjadi orang yang selalu produktif. Aturlah pola makan yang sehat, olahraga secara teratur, dan istirahatlah apabila tubuh anda memang perlu untuk istirahat. Jangan sampai memaksakan yang mengakibatkan anda menjadi sakit. Antara pekerjaan dan menjaga kesehatan harus seimbang.

Jadilah Nahkoda yang Baik

Ibarat seorang nahkoda anda tidak ingin kan kapal anda tenggelam ke dasar laut. Ada pepatah mengatakan bahwa seseorang itu harus tahu kapan dia untuk terus mewujudkan keinginannya dan kapan harus berhenti. Tapi berhenti disini tidak selalu dalam artian menyerah, kadang-kadang ada hal-hal tertentu yang memang harus memaksa anda untuk berhenti. Dalam dunia usaha juga sama. Kadang usaha yang kita rintis tidak membuahkan hasil, malah mengalami kegagalan. Nah dari kondisi seperti itulah anda harus tahu untuk berhenti atau terus maju. Jadilah orang yang bijaksana dan peka terhadap kondisi di sekitar anda, supaya anda tidak menjadi orang yang terpuruk.

Tips membuka usaha sebenarnya masih banyak lagi. Tapi dengan tulisan diatas semoga bisa memberikan pengetahuan dan inspirasi untuk anda yang akan memulai usaha. Lakukanlah yang terbaik, karena proses yang anda jalani pasti suatu hari akan membuahkan hasil yang manis.