Panduan Kehamilan: Tips Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan

Tips Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan

tips mengurangi sakit ketika melahirkan
pinterest.com

Melahirkan atau persalinan adalah sebuah proses yang paling mendebarkan sekaligus ditunggu-tunggu, baik oleh ibu hamil maupun suami, anak dan kerabatnya yang lain. Persalinan merupakan sebuah proses yang bisa dibilang sakral, karena sang ibu sedang mempertaruhkan nyawanya untuk dapat melahirkan atau mengeluarkan seorang bayi dari dalam rahimnya.

Bagi Anda yang baru hamil pertama kali, mungkin persalinan menjadi hal yang ditakuti atau dikhawatirkan, karena Anda belum mengetahui rasanya seperti apa. Namun jangan takut! Rasa sakit memang pasti ada. Beberapa tips berikut bisa anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit saat melahirkan.

1. Percaya dan Optimis

Tahukah Anda bahwa pada akhirnya, kekuatan dari dalam diri sendirilah yang dapat lebih menenangkan jiwa dan pikiran Anda? Well, hal ini pun berlaku untuk Anda para ibu hamil yang akan atau sedang melahirkan nantinya. Hanya Anda seoranglah yang dapat menenangkan diri Anda dan menguasai diri Anda. Salah satu caranya adalah dengan merasa percaya serta optimis bahwa Anda akan melewati semua proses persalinan ini dengan lancar dan aman.

Walaupun ada rasa sakit, namun berikan sugesti pada diri Anda sendiri bahwa memang begitulah rasanya untuk melahirkan dan rasa sakit tersebut akan digantikan oleh rasa bahagia Anda saat menyambut anak yang sudah Anda rawat dan jaga selama 9 bulan lamanya di dalam kandungan. Ingatlah bahwa Anda nantinya dapat melihat senyum si kecil jika Anda sudah melewati proses persalinan ini.

2. Melakukan Jalan-Jalan Ringan

Sebelum persalinan berlangsung, biasanya ibu hamil akan mengalami kontraksi atau pembukaan sebelum bayi benar-benar akan lahir. Nah, sebelum terjadi kontraksi pada puncaknya, ibu hamil masih memiliki beberapa saat sebelum benar-benar harus melakukan persalinan. Nah, gunakan kesempatan ini untuk meregangkan otot tubuh Anda. Tentunya tak mungkin jika Anda harus berolahraga pada saat itu juga, namun Anda bisa melakukan latihan ringan dengan jalan-jalan kecil atau stretching ringan.

Jalan-jalan kecil di sekitar rumah sakit atau ruang bersalin dapat meregangkan otot, memperlancar peredaran darah, dan nantinya dapat memudahkan serta melancarkan proses persalinan.

3. Tenang dan Rileks

Salah satu tips mengurangi rasa sakit saat melahirkan adalah tenang dan rileks. Saat Anda merasa tenang dan rileks, maka semuanya akan dapat dihadapi dengan baik dan nyaman. Yakinkan pada diri Anda bahwa proses persalinan akan berjalan dengan lancar jika Anda sendiri tenang dan merasa rileks selama persalinan. Berusahalah menguasai diri Anda agar tidak panik atau tegang memikirkan hal-hal buruk yang dapat terjadi selama persalinan. Ingatlah bahwa Anda sudah berada di tangan para ahli yang terpercaya dan dapat bertanggung jawab atas proses persalinan Anda.

Lagipula, merasa tegang justru dapat membuat otot-otot Anda kaku. Jika otot Anda terasa kaku, maka proses persalinan akan berjalan lebih sulit. Persalinan akan membutuhkan otot yang luwes, terlebih karena akan terjadi peregangan otot hebat pada bagian pinggul dan perut.

4. Dukungan dari Pasangan, Keluarga dan Teman

Selain diri sendiri, Anda masih bisa mengandalkan orang lain untuk menghilangkan rasa sakit Anda selama melahirkan. Salah satunya adalah pasangan atau suami Anda. Jika suami Anda termasuk orang yang berani, ajaklah suami menemani Anda di dalam ruang bersalin selama proses persalinan berlangsung. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh dukungan secara langsung di dalam ruang bersalin, dan otomatis Anda dapat menjadi lebih tenang karena memiliki seseorang yang Anda percaya dan Anda sayangi di dalam ruang bersalin.

Namun jika suami Anda tidak berani untuk menyaksikan langsung proses persalinan, mintalah ia untuk menenangkan diri Anda sebelum masuk ke dalam ruang bersalin. Bayangkan saja senyum bahagia suami Anda nantinya saat menyambut si kecil setelah persalinan. Selain itu, dukungan dari keluarga dan teman-teman Anda juga dapat menenangkan dan membuat Anda semakin semangat saat proses persalinan.

5. Gunakan Teknik Pernapasan yang Tepat

Tips terakhir agar dapat mengurangi rasa sakit saat melahirkan adalah menggunakan teknik pernapasan yang tepat. Teknik pernapasan ini sangat penting untuk diperhatikan karena akan berhubungan langsung dengan energi atau tenaga yang dikeluarkan calon ibu selama persalinan. Konsultasikan hal ini dengan dokter kandungan Anda atau teman-teman Anda di kelas khusus ibu hamil.

Pastikan Anda menerapkan teknik pernapasan yang benar dan tepat sehingga dapat mengatur energi dan pasokan oksigen, serta membantu saat mengejan dan mendorong, juga membantu untuk relaksasi.

Itulah beberapa tips mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Hal yang terpenting adalah percaya diri dan keyakinan diri bahwa Anda dapat melewati segala langkah dalam proses persalinan nanti. Yakinkan juga dalam diri Anda bahwa Anda dapat tetap sehat setelah melahirkan seorang bayi yang juga sehat dan lucu!

Bagi anda yang masih kesulitan mendapat momongan, silahkan mencoba minum madu penyubur kandungan asli. Herbal ini dibuat dari berbagai macam tanaman yang sangat aman bagi kesehatan kandungan anda. Sudah banyak yang berhasil hamil dengan bantuan madu ini. Sekarang giliran anda.

Advertisements