Tips Menulis Blog Post yang Viral

Menulis itu mudah, yang sukar adalah membuatnya dibaca. Dan yang lebih sukar lagi adalah membuatnya viral. Setiap hari kita digelontor oleh ribuan tulisan, setiap ide keren seakan telah dituliskan. Walau begitu, tetap Ada celah bagi Anda untuk membuat blog yang viral. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membuat tulisan Anda stand out dan menjadi buruan setiap netizen. Zaman sekarang cara membuat blog mudah sekali banyak situs-situs yang membahas tentang masalah ini. Langsung saja berikut tips nya.

1. Lihat Apa yang Ditulis Kompetitor

Anda mungkin mendapat ide tulisan yang keren. Mau menuliskannya? Cek dulu tulisan yang seide dengan Anda secara Online. Kalau Ada, Anda bisa membuat riset lebih lanjut terkait ide yang Anda miliki. Kalau tidak ada, Anda telah mendapat bahan tulisan yang hebat. Ada beberapa situs yang bisa Anda membantu Anda mengintip ide-ide telah berseliweran di Internet, seperti Google Trends atau Buzzsumo.

2. Main secara Detil

Jika Anda ingin postingan blog yang stand out, tulis secara detil. Dalam hal ini, Anda mungkin perlu menambahkan gambar-gambar (Anda akan mendapat tanggapan 39% lebih besar daripada tulisan saja. Tulisan Anda juga 94% akan lebih mungkin dilihat), sumber-sumber tulisan yang valid, atau Anda juga bisa menambahkan statistik yang bisa menambah kredibilitas tulisan Anda. Oleh karena itu, tulis postingan Anda secara detil, lengkap dengan gambar dan data penunjang lainnya. Untuk gambar berkualitas dan gratis, situs-situs Pixabay, Compfight, and AllTheFreeStock bisa Anda pertimbangkan.

3. So, Apa yang ingin Anda cari solusinya?

Artikel yang viral umumnya berasal dari pertanyaan sendiri (dan diam-diam ditanyakan orang lain) yang tidak terjawab –walau Anda telah browsing sekian lama. Jika Anda mendapatkan solusi jawabannya, maka Anda telah mendapatkan sebuah calon tulisan yang viral. Sumber dari ide pertanyaan itu bisa dari diri Anda sendiri, atau bisa pula dari berbagai sumber, misalkan Quora, Kaskus, atau juga forum-forum diskusi lainnya yang mengajak para penggunanya mengajukan pertanyaan dan berdiskusi.

4. Berbagi Pengalaman

Misalkan Anda seorang blogger lokal pendulang dollar, taka da yang lebih ditunggu para penikmat blog Anda selain saat Anda berbagi pengalaman menggapai pundi-pundi dollar tersebut. Pengalaman merupakan sangat powerful sebagai sumber tulisan viral Anda. Orisinalitasnya pun tak akan bisa dipertanyakan lagi. Pengalaman sukses yang dituliskan selalu mengundang pembaca, dan Anda pun bisa mendapat kepuasan psikologis berlipat karenanya.

5. Cari Ide yang Spesifik

Anda mungkin mendapat ide menulis tentang “Penemuan-penemuan Misterius Masa Lampau.” Mungkin cukup mengundang penasaran, namun tidak cukup menumbuhkan rasa penasaran. Oleh karena itu, be spesific. Anda bisa menggali ide tersebut hingga menjadi ide yang benar-benar orisinal. So, mungkin kemudian Anda akan menemukan judul-judul seperti “7 Penemuan Modern dari Jaman Purba,” “10 Teknologi Modern dari Masa Purba,” dan lain sebagainya. Semakin spesifik ide, Anda, maka kemungkinan viralnya pun akan semakin besar.

Tambahan: Joke

Tak ada asyiknya menulis blog dengan gaya sama saat menulis skripsi. Anda mungkin akan mendapatkan tulisan yang runtut, namun kering dan boring. Menulis blog yanga syik adalah seperti mengajak para penikmat seperti sedang mengobrol dengan Anda. Mereka akan asyik mengudap tulisan Anda, tanpa merasa digurui atau pun merasa terpaksa harus mengunyahnya sampai habis. Selain tulisan yang mengalir akrab, Anda bisa menambahinya dengan joke-joke keseharian, agar tulisan menjadi witty.

Sebenarnya masih banyak lagi hal yang perlu Anda lakukan untuk membuat tulisan Anda selalu viral. Namun begitu, lima tips di atas (plus satu tips tambahan) adalah faktor-faktor mendasar yang mesti Anda pegang dan kuasai. Setelahnya Anda bisa siap bersaing dengan blogger lain dalam menampilkan post-post keren dan, tentu saja, viral.