Kepakan Sayap Astra di Bumi Khatulistiwa: Napak Tilas 60 Tahun Perjalanan Astra International

Kepakan Sayap Astra di Bumi Khatulistiwa: Napak Tilas 60 Tahun Perjalanan Astra International

Selayang Pandang

napak tilas 60 tahun astra

Beberapa waktu belakangan ini, media elektronik dan media cetak dibanjiri oleh tulisan mengenai Astra dan logonya yang semakin akrab di mata. Begitu banyak orang yang berlomba-lomba untuk menuliskan segala seluk-beluk mengenai Astra dan mengungkapkan kesan mereka terhadap perusahaan ini.

Uniknya, dapat penulis pastikan bahwa seluruh tulisan mereka berisi ‘sanjungan’ yang seolah-olah menobatkan Astra sebagai salah satu badan usaha terbaik di Indonesia. Hal ini lama-kelamaan menarik perhatian penulis, dan entah mengapa menggerakkan penulis untuk mengetahui lebih jauh mengenai Astra.

Apa ‘sih yang membuat perusahaan ini ‘spesial’ di mata konsumen? Seberapa hebat sepak terjangnya di dunia ekonomi dan bisnis Indonesia? Kebanyakan masyarakat, termasuk penulis, mengidentikkan Astra sebagai pionir dalam bidang transportasi karena logonya yang sering terpampang di dealer dan showroom.

Selain itu, produk otomotif yang dikeluarkan Astra merupakan produk-produk kenamaan yang berkualitas unggul. Ya, hanya itu. Di sisi lain, ternyata masih banyak orang yang sama sekali belum mengetahui satu hal pun mengenai Astra.

Bahkan, mendengarnya pun tak pernah. Miris bagi penulis, karena setelah mencari-cari informasi mengenai Astra secara rinci, ada banyak fakta mengejutkan yang jarang diketahui orang dan tak mengherankan jika ia menjadi salah satu perusahaan kebanggaan yang dimiliki Indonesia.

Diam-Diam Menghanyutkan

perjalanan 60 tahun astra

Apa sajakah fakta-fakta mengejutkan tersebut? Setelah menilik secara lebih dalam, ternyata ada beberapa hal mengenai Astra yang sungguh berada di luar dugaan penulis sebelumnya.

Pertama, Astra tak hanya berkonsentrasi pada bidang otomotif sebagaimana yang diketahui mayoritas masyarakat, tetapi juga bereksplorasi pada bidang alat berat & pertambangan, jasa keuangan, agribisnis, infrastruktur dan logistik, teknologi informasi, serta properti.

Kedua, profesionalitasnya tak dapat dipungkiri dari perjalanannya yang telah melanglangbuana di dunia bisnis selama 60 tahun. Bukan waktu yang singkat dan seumur jagung tentunya. Ibarat manusia, 60 tahun merupakan usia dimana segala kemapanan telah diraih dan saatnya untuk menikmati hasil kerja keras usia muda yang telah diperoleh.

Ketiga, dewan komisaris dan jabatan-jabatan penting di perusahaan ini diduduki oleh mayoritas tokoh-tokoh dan pengusaha Indonesia. Hanya beberapa posisi yang ditempati oleh tokoh mancanegara.

Keempat, sejak pertama kali didirikan, begitu banyak perubahan dan kemajuan yang dicapai oleh perusahaan ini. Mengawali diri sebagai perusahaan dagang dan menjadi distributor kendaraan Toyota di Indonesia, Astra telah bertransformasi menjadi perusahaan yang sepak terjangnya tak diragukan dengan penghasilan yang mencapai triliunan rupiah.

Terakhir, Astra juga tak mengabaikan hak dan kebutuhan sesama dengan mendirikan beberapa yayasan, baik melalui pemberian bantuan kepada UKM, pemberian beasiswa kepada anak-anak yang berprestasi dan layak mendapatkan, serta pembinaan tenaga pengajar. Untuk mengetahui ‘keistimewaan’ Astra secara lebih lanjut, ada baiknya kita membahas poin tersebut satu per satu.

Nostalgia

sejarah singkat astra indonesia

Sebelum menelusuri lebih jauh dalam lorong waktu perjalanan Astra, tak lengkap dan kurang afdhol rasanya jika tak menyinggung bagaimana mulanya perusahaan ini muncul. Seperti kata para tokoh lama; jangan sekali-kali melupakan sejarah, atau biasa disingkat ‘jasmerah’. Cerita lama yang memiliki arti penting harus dikenang guna menjadi bahan pelajaran bagi anak-cucu kelak.

Pada 1957 silam, didirikanlah sebuah perusahaan dagang di Jakarta bernama Astra International Inc. oleh William Soeryadijaya. Astra International Inc. kemudian berubah nama menjadi PT Astra International Tbk, tepatnya pada tahun 1990. Astra menetapkan 4 filosofi, visi, dan misi yang disebut sebagai Catur Dharma sebagai salah satu bukti komitmennya untuk menjadi sebuah perusahaan dengan tujuan dan landasan yang jelas.

Catur Dharma tersebut ialah menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, menghargai individu dan membina kerja sama, serta senantiasa berusaha mencapai yang terbaik.

Tak seperti kebanyakan perusahaan yang semata-mata hanya memiliki tujuan untuk meraih keuntungan produksi sebanyak-banyaknya, Astra ingin agar keberadaannya memberikan manfaat bagi banyak pihak dalam berbagai aspek.

Catur Dharma yang ditancapkan Astra membuktikan bahwa keberadaannya di dunia dagang memang memiliki arah yang jelas, tidak terombang-ambing mengikuti arus zaman berdasarkan trend pasar.

Inilah juga yang mungkin membawa Astra dapat melesat bagaikan kilat, sinarnya mulai menarik perhatian dunia bahkan sejak masa-masa awal perusahaan ini didirikan. Ia secepat kilat, dalam waktu yang terbilang singkat dapat menggapai berbagai macam perkembangan yang sangat signifikan dari tahun ke tahun.

Hadir sebagai sebuah perusahaan dagang pada tahun 1957, langkah besar Astra dimulai pada tahun 1969 dengan memberanikan diri menjadi distributor kendaraan Toyota di Indonesia. Setali tiga uang, pada tahun berikutnya Astra ditunjuk sebagai distributor tunggal sepeda motor Honda dan mesin perkantoran Xerox di Indonesia.

Astra semakin menunjukkan eksistensi diri ketika pada tahun 1970 menjejakkan tapak besarnya dengan mendirikan PT Federal Motor (agen tunggal sepeda motor Honda) dan PT Toyota Astra Motor (TAM), menjadi agen tunggal Toyota, serta meluncurkan produk sepeda motor Honda 90 Z (90cc).

Astra terus menunjukkan kemajuan yang membanggakan di setiap tahunnya dengan menghadirkan inovasi-inovasi yang dibutuhkan oleh bisnis dunia. Memasuki awal tahun 2000-an, Astra merestrukturisasi bisnis sepeda motor dan bisnis BMW serta menerbitkan panduan dalam etika bisnis dan etika kerja.

Puncaknya, pada tahun 2016 lalu Astra mampu meraih beberapa pencapaian prestisius yang semakin membuat dunia terkagum-kagum, diantaranya yaitu kepemilikan 25% saham PT Trans Bumi Serbaraja; pembangunan BUJT ruas tol Serpong-Balaraja sepanjang 30 km oleh Astratel; penyelesaian Rights Issue oleh Bank Permata dengan perolehan dana sebesar Rp 5,5 triliun untuk memperkuat permodalannya; dan penyelesaian Rights Issue oleh AAL sebesar Rp 4,0 triliun untuk memperkuat posisi keuangannya.

Melihat fakta di atas, mungkin terlihat agak janggal dan banyak yang bertanya-tanya apa korelasi antara ketiga nama tersebut (Astratel, Bank Permata, AAL) dengan Astra dan mengapa mereka bisa saling berhubungan satu sama lain. Inilah salah satu hal penting yang wajib diketahui khalayak umum mengenai Astra, yang mana akan dibahas lebih lanjut di poin berikutnya.

Keluar dari Zona Nyaman

keluar dari zona nyaman

Tak mau berhenti berinovasi dan jalan di tempat, Astra juga mengepakkan sayapnya di beberapa bidang selain otomotif, yaitu alat berat & pertambangan, jasa keuangan, agribisnis, infrastruktur & logistik, teknologi informasi, serta properti.

Dari bidang otomotif sendiri, Astra menawarkan beberapa produk berkualitas tinggi, yaitu Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, Peugeot, dan UD Trucks, dengan kenyamanan dan kemudahan pelayanan terhadap konsumen. Untuk alat berat dan pertambangan, Astra memiliki tujuan untuk meningkatkan produktivitas kerja dan efisiensi berkelanjutan guna mewujudkan struktur biaya produksi dan operasional yang optimal dan kompetitif.

Produk-produk dan anak perusahaan dari bidang ini diantaranya United Tractors, Pama, dan Turah Turangga Agung (TTA). Selanjutnya yaitu berhubungan dengan jasa keuangan, yang mana Astra mendukung pembiayaan alat transportasi produk Astra milik para pelanggan, menyediakan akses perbankan, dan melindungi keberlangsungan masa depan pelanggan melalui jasa asuransi.

Dalam hal ini, produk yang ditawarkan yaitu Federal International Finance, Astra Credit Companies, Toyota Astra Financial Services, Surya Artha Nusantara Finance, Komatsu Astra Finance, Asuransi Astra Buana, Astra Life, dan Bank Permat. Dengan beragam layanan yang disediakan, maka dapat dipastikan segala kebutuhan keuangan pelanggan dapat terpenuhi.

Dari segi agribisnis, Astra berinisiatif membangun sebuah sekolah di wilayah operasional perkebunan bagi keluarga karyawan maupun masyarakat bernama Yayasan Astra Argo Lestari. Beralih ke infrastruktur dan logistik Astra, dimana bidang ini dikelola oleh tiga anak perusahaan; PT Astratel Nusantara (ASTRA Infra), PT Intertel Nusaperdana (Intertel), dan PT Serasi Autoraya (SERA).

Ketiga anak perusahaan tersebut saling bersinergi untuk membantu menangani pembangunan infrastruktur secara tepat dan akurat. Menghadapi era teknologi yang berkembang pesat, Astra pun memberikan sumbangsihnya dengan mendirikan PT Astra Graphia Tbk yang melayani penjualan dan purna jual produk Fuji Xerox, seperti printer, mesin fotokopi, dan gadget.

Terakhir, dari dunia properti, Astra berusaha untuk memperkuat value chain business Astra Group pada tahun 2013 melalui pembangunan PT Menara Astra, PT Brahmayasa Bahtera, PT Samadista, Astra Land Indonesia, dan Astra Modern Land.

Dengan begitu banyaknya layanan yang disediakan Astra, dapatkah kita bayangkan sudah berapa juta orang yang terpenuhi kebutuhannya melalui Astra yang keberadaannya dapat disambangi oleh masyarakat dari seluruh pelosok Indonesia?

Sosok di Balik Layar

sosok di balik layar

Kesuksesan Astra yang terus menggema tentunya tidak terlepas dari peran para tokoh yang terus konsisten menjaga kualitas dengan inovasi-inovasi yang senantiasa dikembangkan.

Hal ini ibarat kapal yang tidak mungkin dapat mencapai tujuannya secara selamat jika tak dikendarai oleh nakhoda dan para awak yang profesional. Karena PT Astra International adalah perusahaan asli Indonesia, orang-orang yang berperan menyukseskan perusahaan ini pun mayoritas adalah orang Indonesia.

Jabatan Presiden Direktur ditempati oleh Prijono Sugiarto sejak tahun 2010; Direktur Perseroan ditempati oleh Bambang Widjanarko Santoso, Widya Wiryawan, Johannes Loman, Suparno Djasmin, Djony Bunarto Tjondro, Chiew Sin Cheok (warga negara Malaysia), Gidion Hasan, dan Hari Tanoto; Budi Setiadharma sebagai presiden Komisaris Perseroan sejak 2005; Komisaris Independen Perseroan yang dijabat oleh Sidharta Utama, Mari Elka Pangestu, M. Chatib Basri, Yasutoshi Sugimoto (warga negara Jepang); serta Komisaris Perseroan yang diduduki oleh Anthony John Liddell Nightingale (warga negara Inggris), Benjamin William Keswick (warga negara Inggris), Mark Spencer Greenberg (warga negara Inggris), Jonathan Chang (warga negara Indonesia), David Alexander Newbigging
(warga negara Inggris), John Raymond Witt (warga negara Kanada), dan Adrian Teng Wei Ann (warga negara Singapura).

Perbedaan antara Direksi dan Dewan Komisaris terletak pada tugasnya. Dewan Komisaris menurut UU No.40 tahun 2007 bertugas melakukan pengawasan secara umum dan/atau khusus sesuai dengan anggaran dasar serta memberi nasihat kepada Direksi, sedangkan Direksi berwenang dan bertanggung jawab penuh atas pengurusan Perseroan untuk kepentingan Perseroan, sesuai dengan maksud dan tujuan Perseroan serta mewakili Perseroan, baik di dalam maupun di luar pengadilan sesuai dengan ketentuan anggaran dasar.

Dari nama-nama yang telah disebutkan di atas, mungkin ada beberapa yang sudah tak asing lagi di telinga kita, misalnya Maria Elka Pangestu yang dikenal sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sejak 2011 hingga Oktober 2014 dan M. Chatib Basri yang merupakan seorang ekonom, peneliti, dan profesional yang menjabat sebagai Menteri Keuangan Indonesia sejak 21 Mei 2013 hingga 20 Oktober 2014.

Melihat rekam jejak para tokoh yang telah bertangan dingin di dunia ekonomi dan bisnis, sangat wajar tentunya jika Astra menjadi perusahaan yang patut diperhitungkan karena berada di tangan-tangan yang tepat.

Torehan Tinta Emas

tinta emas

Selama 60 tahun perjalanannya, sudah begitu banyak penghargaan dan prestasi yang diraih oleh Astra, dan rasanya cukup menyita ruang jika harus disebutkan satu persatu. Oleh karena itu, penulis hanya akan mengambil beberapa pencapaian yang dapat dikategorikan masih cukup ‘hangat’.

Pada tahun 2016, Astra berhasil menjadi Best Company di Indonesia versi Finance Asia Magazine, IDX Top Ten Best Blue, peringkat ke-18 sebagai Most Valuable Indonesian Brands, dan 40 Emiten Terbaik Versi Analis.

Sebelumnya di tahun 2015, prestasi yang dicapai Astra tak kalah gemilang dari tahun 2016, yaitu mendapat penghargaan Indonesian Best In House Media Program: Majalah Astra, Indonesia Most Admired Company, dan Top 50 Public Listed Companies in The 7th IICD Corporate Governance Conference and Award.

Selain itu, penghargaan yang ditoreh Astra di tahun 2014 yaitu Forbes Top 50 Companies, Warta Ekonomi Business Innovation Award , dan Fortune Indonesia Most Admired Companies. Sedangkan di tahun 2013, Astra berhasil meraih PSU Lifetime Achievement Auto Build Awards, Best Of The Best Internal Communication Media – Majalah Astra Mix Magazine, serta Indonesia Brand Champion Marketeers (Club Community Magazine Net Radio) dan Markplus Insight.

Ini hanyalah sebagian kecil dari keseluruhan pencapaian yang berhasil Astra tunjukkan kepada dunia. Desir rasa bangga yang tiba-tiba membuncah ketika membaca hasil yang menakjubkan tersebut tentulah bukan sesuatu yang berlebihan, apalagi ditorehkan oleh perusahaan asli Indonesia. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika masih ada orang yang memandang Astra secara sebelah mata. Kurang bukti apa lagi?

Sisi Lain

sisi lain

Setelah berpanjang lebar mengulas mengenai hal-hal mendasar terkait Astra, kini saatnya sedikit menilik bagaimana hubungan Astra dengan para karyawan dan bagaimana Astra dapat mencetak kedisiplinan dan profesionalitas dalam diri karyawan-karyawannya.

Astra sangat memperhatikan kualitas sumber daya manusia yang dimilikinya. Untuk merealisasikan hal ini, setiap tahun Astra menyelenggarakan Innov Astra guna mengapresiasi inovasi para insan Astra di seluruh penjuru Indonesia.

Tidak hanya itu, pada tahun 1995 Astra juga mendirikan POLTEK Manufaktur yang menyediakan pendidikan formal setingkat diploma di bidang manufaktur. Tujuannya tidak lain yaitu untuk membekali para tenaga kerja dengan kemampuan yang memadai, sesuai dengan kebutuhan lapangan.

Satu hal lagi yang menjadi kelebihan Astra di mata masyarakat yaitu komitmennya untuk senantiasa menjamin kesejahteraan para karyawan. Astra mendirikan Koperasi Astra International ( KAI ) tahun 1990 yang ditujukan untuk menyediakan fasilitas simpan pinjam bagi karyawan dan memberikan beasiswa bagi anak karyawan.

Astra juga memberikan jaminan hari tua kepada para karyawan melalui Dana Pensiun Astra dengan tujuan menjamin keberlangsungan hidup mereka dalam menikmati masa tua. Jasa dan keringat mereka tidak hanya dihargai secara sementara ketika mendedikasikan diri, tetapi juga akan tetap diapresiasi hingga masa sesudah pensiun, mengingat kontribusi mereka dalam besar kecilnya perkembangan Astra.

Di sisi lain, Astra juga tak lupa untuk membangun hubungan yang erat dengan para karyawan dan keluarganya melalui penyelenggaraan Pekan Olahraga dan Seni, Partnership Expedition, dan Family Day. Sebagai perusahaan yang besar, Astra tak mau menutup mata bahwa suasana kekeluargaan harus dibangun di lingkungan kerja sebagai suplemen untuk menguatkan kerja sama tim yang baik.

Senandung Kepedulian Astra

senandung kepedulian astra indonesia

Citra baik yang melekat pada Astra semakin dikukuhkan dengan kontribusinya yang besar dan beragam di beberapa lini kehidupan masyarakat Indonesia, salah satunya yaitu pendidikan.

Astra menjadi pionir pendirian beberapa yayasan; Yayasan Toyota dan Astra (program peningkatan kualitas pendidikan bagi pelajar Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas serta kepada staf pengajar perguruan tinggi negeri), Yayasan Dharma Bhakti Astra (program pembinaan yang diberikan di bidang manajemen, teknologi, akses pasar, fasilitas pembiayaan, dan teknologi informasi), Amaliah Astra (mengembangkan dan membina calon pemimpin agama melalui Astra Mubaligh Development Program serta memfasilitasi pemberian zakat, infaq, dan sedekah melalui Lazis Amaliah Astra), Yayasan Karya Bakti United Tractors (wadah pelaksanaan program pendidikan yang secara intensif mempersiapkan operator dan mekanik alat berat yang profesional dan terampil sesuai persyaratan internasional), serta masih banyak lagi.

Senandung indah rasa peduli Astra terhadap sesama terus-menerus berdengung seiring berjalannya waktu dan seiring banyaknya masyarakat yang merasakan kebermanfaatan dari program-program tersebut.

Singkatnya, merangkum dari segala poin yang telah disebutkan di atas, Astra memiliki andil yang tidak kecil dalam kehidupan perekonomian Indonesia. Perusahaan ini dapat memberikan kontribusinya dari segala bidang dan untuk segala bidang.

Kelebihan dan keistimewaan yang dimiliki Astra bukan merupakan suatu pencitraan, melainkan fakta yang kevalidannya dapat dipercaya. Namun, bukan berarti keberadaan perusahaan ini tanpa kecacatan dan kealpaan.

Masih banyak hal yang harus terus dikembangkan dan diperbaiki oleh Astra karena berproses merupakan suatu keniscayaan dalam hidup. Akan tetapi, segala kekurangan dan cela tersebut tertutupi oleh hasil kerja yang setimpal. Hasil kerja selama 60 tahun yang mampu memunculkan desir kebanggan di hati siapapun.

Panduan Kehamilan: Tips Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan

Tips Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan

tips mengurangi sakit ketika melahirkan
pinterest.com

Melahirkan atau persalinan adalah sebuah proses yang paling mendebarkan sekaligus ditunggu-tunggu, baik oleh ibu hamil maupun suami, anak dan kerabatnya yang lain. Persalinan merupakan sebuah proses yang bisa dibilang sakral, karena sang ibu sedang mempertaruhkan nyawanya untuk dapat melahirkan atau mengeluarkan seorang bayi dari dalam rahimnya.

Bagi Anda yang baru hamil pertama kali, mungkin persalinan menjadi hal yang ditakuti atau dikhawatirkan, karena Anda belum mengetahui rasanya seperti apa. Namun jangan takut! Rasa sakit memang pasti ada. Beberapa tips berikut bisa anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit saat melahirkan.

1. Percaya dan Optimis

Tahukah Anda bahwa pada akhirnya, kekuatan dari dalam diri sendirilah yang dapat lebih menenangkan jiwa dan pikiran Anda? Well, hal ini pun berlaku untuk Anda para ibu hamil yang akan atau sedang melahirkan nantinya. Hanya Anda seoranglah yang dapat menenangkan diri Anda dan menguasai diri Anda. Salah satu caranya adalah dengan merasa percaya serta optimis bahwa Anda akan melewati semua proses persalinan ini dengan lancar dan aman.

Walaupun ada rasa sakit, namun berikan sugesti pada diri Anda sendiri bahwa memang begitulah rasanya untuk melahirkan dan rasa sakit tersebut akan digantikan oleh rasa bahagia Anda saat menyambut anak yang sudah Anda rawat dan jaga selama 9 bulan lamanya di dalam kandungan. Ingatlah bahwa Anda nantinya dapat melihat senyum si kecil jika Anda sudah melewati proses persalinan ini.

2. Melakukan Jalan-Jalan Ringan

Sebelum persalinan berlangsung, biasanya ibu hamil akan mengalami kontraksi atau pembukaan sebelum bayi benar-benar akan lahir. Nah, sebelum terjadi kontraksi pada puncaknya, ibu hamil masih memiliki beberapa saat sebelum benar-benar harus melakukan persalinan. Nah, gunakan kesempatan ini untuk meregangkan otot tubuh Anda. Tentunya tak mungkin jika Anda harus berolahraga pada saat itu juga, namun Anda bisa melakukan latihan ringan dengan jalan-jalan kecil atau stretching ringan.

Jalan-jalan kecil di sekitar rumah sakit atau ruang bersalin dapat meregangkan otot, memperlancar peredaran darah, dan nantinya dapat memudahkan serta melancarkan proses persalinan.

3. Tenang dan Rileks

Salah satu tips mengurangi rasa sakit saat melahirkan adalah tenang dan rileks. Saat Anda merasa tenang dan rileks, maka semuanya akan dapat dihadapi dengan baik dan nyaman. Yakinkan pada diri Anda bahwa proses persalinan akan berjalan dengan lancar jika Anda sendiri tenang dan merasa rileks selama persalinan. Berusahalah menguasai diri Anda agar tidak panik atau tegang memikirkan hal-hal buruk yang dapat terjadi selama persalinan. Ingatlah bahwa Anda sudah berada di tangan para ahli yang terpercaya dan dapat bertanggung jawab atas proses persalinan Anda.

Lagipula, merasa tegang justru dapat membuat otot-otot Anda kaku. Jika otot Anda terasa kaku, maka proses persalinan akan berjalan lebih sulit. Persalinan akan membutuhkan otot yang luwes, terlebih karena akan terjadi peregangan otot hebat pada bagian pinggul dan perut.

4. Dukungan dari Pasangan, Keluarga dan Teman

Selain diri sendiri, Anda masih bisa mengandalkan orang lain untuk menghilangkan rasa sakit Anda selama melahirkan. Salah satunya adalah pasangan atau suami Anda. Jika suami Anda termasuk orang yang berani, ajaklah suami menemani Anda di dalam ruang bersalin selama proses persalinan berlangsung. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh dukungan secara langsung di dalam ruang bersalin, dan otomatis Anda dapat menjadi lebih tenang karena memiliki seseorang yang Anda percaya dan Anda sayangi di dalam ruang bersalin.

Namun jika suami Anda tidak berani untuk menyaksikan langsung proses persalinan, mintalah ia untuk menenangkan diri Anda sebelum masuk ke dalam ruang bersalin. Bayangkan saja senyum bahagia suami Anda nantinya saat menyambut si kecil setelah persalinan. Selain itu, dukungan dari keluarga dan teman-teman Anda juga dapat menenangkan dan membuat Anda semakin semangat saat proses persalinan.

5. Gunakan Teknik Pernapasan yang Tepat

Tips terakhir agar dapat mengurangi rasa sakit saat melahirkan adalah menggunakan teknik pernapasan yang tepat. Teknik pernapasan ini sangat penting untuk diperhatikan karena akan berhubungan langsung dengan energi atau tenaga yang dikeluarkan calon ibu selama persalinan. Konsultasikan hal ini dengan dokter kandungan Anda atau teman-teman Anda di kelas khusus ibu hamil.

Pastikan Anda menerapkan teknik pernapasan yang benar dan tepat sehingga dapat mengatur energi dan pasokan oksigen, serta membantu saat mengejan dan mendorong, juga membantu untuk relaksasi.

Itulah beberapa tips mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Hal yang terpenting adalah percaya diri dan keyakinan diri bahwa Anda dapat melewati segala langkah dalam proses persalinan nanti. Yakinkan juga dalam diri Anda bahwa Anda dapat tetap sehat setelah melahirkan seorang bayi yang juga sehat dan lucu!

Bagi anda yang masih kesulitan mendapat momongan, silahkan mencoba minum madu penyubur kandungan asli. Herbal ini dibuat dari berbagai macam tanaman yang sangat aman bagi kesehatan kandungan anda. Sudah banyak yang berhasil hamil dengan bantuan madu ini. Sekarang giliran anda.

Contoh Rumusan Masalah Makalah Lengkap + Latar Belakang

Contoh Rumusan Masalah Makalah Lengkap + Latar Belakang

rumusan-masalah-makalah
pixabay.com

Contoh Rumusan Masalah Makalah – Untuk membuat suatu karya ilmiah seperti makalah memang harus mengerti dan tahu rumusan masalah apa yang akan kita sampaikan. Untuk pengertian, fungsi, dan penempatan rumusan masalah, kamu bisa lihat contoh rumusan masalah makalah, penelitian, dan skripsi. Berikut contoh-contoh rumusan masalah dengan tema pendidikan, kewirausahaan, dan Narkoba.

Contoh Rumusan Masalah Makalah Manajemen Pendidikan di Masa Depan

rumusan-masalah-pendidikan
qureta.com

Latar Belakang Makalah Pendidikan

Pendidikan adalah bagian yang sangat penting yang berfungsi sebagai penentuan kualitas dari sebuah bangsa. Gagal dalam pendidikan bisa berdampak bagi tidak suksesnya sebuah bangsa, dan pendidikan yang berhasil akan membawa keberhasilan untuk bangsa itu juga.

Di dalam bidang pendidikan, hendaknya memperhatikan beberapa unsur seperti pendidik, peserta didik, manajemen, stake holder, dan saran prasarana. Sumber daya manusia merupakan aset yang sangat diperlukan di dalam bidang pendidikan. Pendidik, siswa, dan masyarakat adalah sumber daya yang berkualitas itu sendiri.

Adanya pendidikan memiliki beberapa fungsi diantaranya inovasi, inisiasi, dan konservasi. Inovasi adalah wadah untuk menggapai suatu perubahan. Inisiasi adalah langkah awal dari fungsi pendidikan untuk perubahan. Konservasi memiliki fungsi sebagai penjaga nilai dasar. Oleh karena itu, untuk memperbaiki kehiduapn bangsa, harus ditata dari segala aspek pendidikan. Salah satunya manajemen pendidikan.

Tujuan dari pendidikan sendiri harapanya untuk menciptakan pendidikan yang memiliki kualitas yang sesuai dengan berbagai macam pihak. Dalam kasus ini, manajemen pendidikan sangatlah penting. Banyak warga Indonesia yang mengharapkan manajemen pendidikan di Indonesia memiliki manajemen pendidikan yang bagus.

Manajer pendidikan yang berkualitas mampu menciptakan dan melaksanakan manajemen pendidikan yang bagus. Salah satu dari manajemen pendidikan adalah guru. Selain bertugas sebagai pengajar, fungsi lain dari guru adalah sebagai soerang manajemen pendidikan. Seorang guru dituntut untuk memiliki rencana pendidikan yang baik. Manajer pendidikan yang baik yaitu orang yang bisa merencanakan pendidikan untuk masa yang akan datang.

Kenyataan yang saat ini terjadi manajemen pendidikan di Indonesia dinilai masih sangat jauh dari kata bagus. Ada banyak faktor yang menyebabkan buruknya kualitas manajemen pendidikan. Faktor yang menyebabkan jeleknya manajemen pendidikan diantaranya:

  • Para manajer pendidikan tidak memiliki rencana manajamen untuk masa yang akan datang.
  • Para manajer pendidikan orientasinya masih mengacu pada panduan manajemen lama.
  • Jarang sekali yang memiliki inisiatif untuk membuat rencana yang baru.

Hal-hal di atas terjadi akibat para manajer pendidikan tak mau ambil risiko pada pendidikan atau pun dirinya sendiri. Selama pandangan manajer pendidikan berfikirnya terus ke belakang maka kualitas dari manajemen pendidikan tidak akan pernah maju, bahkan bisa jadi mengalami kemunduran.

Jangan jauh-jauh, contoh ketika dulu Malaysia banyak orang-orangnya yang belajar ke Indonesia, akan tetapi saat ini pendidikan Indonesia malah tertinggal oleh Malaysia yang dulu merupakan muridnya Indonesia. Kurang siapnya manajemen pendidikan yang menjadi faktor utamanya. Dalam kesempatan kali ini, penulis akan membahas mengenai manajemen pendidikan di masa yang akan datang, harapannya bisa menghasilkan pendidikan sesuai harapan.

Rumusan Masalah Makalah Pendidikan Manajemen Pendidikan di Masa Depan

Berdasarkan latar belakang di atas makan dapat diberi rumusan masalahnya sebagai berikut:

1. Apa saja yang perlu dilakukan untuk menyiapkan manajamen pendidikan di masa depan?
2. Mengapa perlu adanya penyusunan manajemen pendidikan?
3. Siapa yang akan menjadi pemimpin masa depan?
4. Kapan manajemen pendidikan yang telah direncanakan akan dilaksanakan?
5. Diamanakah manajemen pendidikan masa depan akan dilaksanakan?
6. Bagaimanakah cara untuk menyusun manajemen di masa depan?

Contoh Rumusan Masalah Makalah Kewirausahaan

rumusan-masalah-makalah-kewirausahaan
dspriadi333.blogspot.com

Latar Belakang Makalah Kewirausahaan

Kewirausahaan adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat yang artinya menginginkan tingkat hidup yang lebih baik lagi. Peran kewirausahaan sangatlah penting, dibuktikan ketika terjadi krisis ekonomi yang pernah melanda Indonesia. Kewirausahaan berbasis ekonomi kerakyatan mampu bertahan menghadapi situasi sulit pada kala itu.

Wirausahawan memiliki peran internal dan eksternal. Secara internal wirausahawan memiliki peran untuk menurunkan ketergantungan orang lain, meningkatkan daya beli, dan meningkatkan kepercayaan diri. Sedangkan secara eksternal wirausahawan berperan untuk membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

Oleh sebab itu, menyadarkan tentang semangat kewirausahaan sangatlah penting sekali untuk meningkatkan ekonomi negara. Permasalahannya untuk menjadi seorang pengusaha yang berhasil tidak lah mudah, harus memiliki daya juang yang sangat tinggi dan tidak mudah menyerah.

Tantangan yang akan di hadapi pun sangatlah berat dan beragam. Sebelum masuk ke dunia wirausaha, harus dituntut untuk memilki ilmu tentang kewirausahaan itu sendiri supaya nantinya tidak kelabakan ketika menemukan sebuah permasalahan.

Rumusan Masalah Kewirausahaan

Dari pemaparan latar belakng di atas, masalah-masalah yang akan di bawah di makalah kewirausahaan ini sebagai berikut:

1. Bagaimanakah tahapan yang perlu diperhatikan untuk memulai usaha?
2. Sifat seperti apakah yang perlu dimiliki seorang pengusaha?
3. Hal-hal apasajah yang harus dipelajari untuk menjadi pengusaha yang berhasil?

Contoh Rumusan Masalah Makalah Tenteng Narkoba

rumusan-masalah-makalah-tentang-narkoba
vocativ.com

Latar Belakang Makalah Tentang Narkoba

NARKOBA ( Narkotka, Psikotropika, dan Bahan Adiktif lainnya) merupakan benda haram dan terlarang untuk di edarkan tanpa seizin pihak yang berwenang. Istilah narkoba sering dipakai oleh ara penegak hukum seperti polisi, BNN, hakim, jaksa, dan petugas pemasyarakatan.

Selain NARKOBA, istlah lain yang menunjuk kepada tifa zat diatas adalah NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif). Kata NAPZA biasanya digunakan oleh para praktisi kesehatan dan rehab. Tapi kedua istilah itu intinya bermakna sama merujuk kepada tiga jenis zat di atas.

UU No. 22 Tahun 1997 mengartikan Narkotika merupaan zat atau obat yang asalnya dari tanaman atau bukan yang bersifat sintetis atau semi sintetis yang bisa mengakibatkan penurunan kesadaran, mengurangi nyeri, hilangnya rasa, dan menimbulkan ketergantungan.

Asal penggunaan Narkoba sebenarnya legal dan tidak melanggar hukum selama penggunaanya untuk kebutuhan dunia pengobatan, akan tetapi banyak orang yang menyalah gunakan Narkoba hanya untuk kesenangan sesaat yang bisa menimbulkan kerusakan pada tubuh bahkan bisa mengalami kematian.

Rumusan Masalah Makalah Tentang Narkoba
1. Apa pengertian dari Narkoba?
2. Apa saja jenis-jenis Narkoba?
3. Bagaimana bahaya Narkoba bagi kesehatan?
4. Kapan awal Narkoba digunakan?
5. Bagaimana cara mencegah penyalah gunaan Narkoba?
6. Apakah bisa orang sembuh dari ketergantungan Narkoba?

Langkah Pasti Menju Pernikahan yang Syar’i

Langkah Pasti Menju Pernikahan yang Syar’i

syari

Bismillaah

Siapapun pasti tidak menginginkan kegagalan terlebih lagi dalam berkeluarga, maka sangat wajar jika seseorang akan sangat berhati-hati mengambil keputusan untuk menikah. Diantara manusia ada yang mencari jalan berpacaran, adapula yang dijodohkan tanpa tahu siapa dan bagaimana karakter calon pasangannya nanti.
Islam berada di tengah-tengah antara ekstrim ingin mengenal sampai pada taraf berduaan bahkan hingga terjerumus –na’uudzubillaah min dzaalik- perzinaan, dan antara perjodohan ekstrim di mana seseorang “dipaksa” untuk menikah tanpa mengetahui seluk beluk calon pasangannya nanti. Maka ta’aruf adalah solusi terbaik yang dibawakan oleh Islam kepada kita.

Pada dasarnya Ta’aruf merupakan sebuah wadah yang memfasilitasi seseorang untuk mengenali calon pasangan yang hendak ia nikahi. Menggali informasi penting dengan memperhatikan batasan syar’i adalah pokok dari ta’aruf.
Lalu apa saja yang harus dipersiapkan saat kita ingin memulai proses ta’aruf?

1. Niat

Bukankah setiap amalan bergantung kepada niatnya? Jika anda hanya ingin sekedar coba-coba lebih baik lupakan ta’aruf dan fokuslah pada amalan baik lainnya.

2. Istikharah

Istikharah di sini untuk menguatkan langkah apakah ingin maju ke proses ta’aruf atau masih setia membujang..!!??

3. Kondisikan diri dan keluarga

Terkadang keluarga yang awam menjadi kendala dalam proses ta’aruf. Berikan pemahaman dengan hikmah dan lemah lembut. Jangan mudah menyerah, kalau hanya sekali dua kali dakwah lalu menuntut keberhasilan maka tugas Nabi dan Rasul sangat mudah. Paham ya?!

4. Konsultasikan dengan asatidzah

Mental kita tidak melulu dalam keadaan bagus, saat kita lemah atau sekedar mencegah lemahnya azzam/tekad maka konsultasikan kepada ustadz.

5. Pilihlah orang yang amanah dan netral

Berbeda dengan menikah, ta’aruf hendaknya disembunyikan dari khalayak ramai. Bukanlah sesuatu yang baik menyebar berita proses ta’aruf kita kepada public. Karena dalam ta’aruf tidak boleh khalwat maka aka nada beberapa pihak yang membantu dalam keberlangsungan proses ini. Oleh karena itu pilihlah orang terdekat yang amanah. Terlebih lagi jika ke depannya kita ingin mendapatkan informasi tentang calon pasangan. Dan kenetralan di sini adalah tidak membawakan info secara persuasive/membujuk tidak pula dengan tendensius negative. Netral dan apa adanya.

Sekali lagi, proses ta’aruf bukanlah sebuah kegiatan main-main dan coba-coba. Proses yang salah bisa membawa kepada pacaran terselubung, kesalahan mengumpulkan informasi akan mengakibatkan penyesalan di akhir. Maka persiapkan sematang mungkin, adapun hasil akhir mutlak milik Allah Subhaanahu Wa Ta’aalaa. Maka hiasilah kegiatan proses ta’aruf dengan doa yang berkesinambungan.

Wallaahul Musta’aan

Abu Zaid, Lc

Menelusuri 6 Pantai Indah Di Gunung Kidul Jogja

Menelusuri 6 Pantai Indah Di Gunung Kidul Jogja

pantai indah di gunung kidul jogja

Anda mungkin merupakan tipe orang yang suka menikmati keindahan alam contohnya seperti laut. Laut merupakan kumpulan dari air asin yang sangat luas sekali yang terhubung samudra. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya ketika menikmati pantai-pantai indah di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di daerah bagian selatan Jogja terutama di Kabupaten Gunung Kidul, banyak sekali pantai-pantai yang patut untuk anda kunjungi. Saya hanya menelusuri 6 pantai saja waktu itu. Langsung saja inilah 6 pantai indah yang ada di Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai Baron

pantai baron

Memulai perjalanan dari pagi hari sekitar jam 8 pagi, saya dan teman saya berangkat menuju Gunung Kidul. Melalui jalur ring road Jogja dan keluar dari ring road timur dan menuju ke Gunung Kidul melalu jalan arah Wonosari. Kami sempat sarapan terlebih dahulu di angkringan pinggir jalan lalu langsung melanjutkan perjalanan.

Kurang lebih sekitar 2 jam untuk sampai Pantai Baron. Pantai ini merupakan salah satu pantai indah yang ada di Gunung Kidul. Meski untuk mencapai pantai ini rutenya cukup jauh, para pelancong yang berlibur di pantai ini lumayan ramai. Setelah sedikit menikmati keindahan Pantai Baron saya langsung melanjutkan perjalanan.

Pantai Kukup

pantai kukup gunung kidul
wisataterbaru.com

Pantai kedua yang kami kunjungi yaitu Pantai Kukup. Pantai ini memiliki pasir putih yang terhampar luas yang sangat indah. Pantai ini memiliki daerah yang dangkal kira-kira 100 meter dari bibir pantai. Di daerah dangkal tersebut terdapat terumbu-terumbu karang, ikan hias, bintang laut dan biota laut lainnya yang bisa anda lihat dengan cukup jelas.

Di pantai ini juga terdapat gardu pandang. Uutk menuju ke gardu pandang anda bisa melewati jalan setapak lalu melalui jembatan. Kami bersantai sejenak di sana dan langsung melanjutkan perjalanan.

Pantai Sepanjang

pantai sepanjang gunung kidul
sewamotorjogja.com

Sekitar pada tengah hari yang cukup terik kami tiba di Pantai Sepanjang. Pantai ini dinamai pantai sepanjang mungkin karean garis pantainya yang lumayan panjang. Selain memiliki garis pantai yang panjang, pantai ini juga memiliki pasir putih indah di pinggiran pantai.

Pantai Sepanjang ini merupakan tempat wisata pantai yang baru, sehingga suasananya tenang dan masih asri dan bersih. Ada juga tempat bersejarah Banyusepuh. Banyusepuh ini memiliki arti membasuh air. Akan tetapi saat ini tempat itu ditumbuhi dengan tanaman liar, jadi agak sulit untuk menemukan temapatnya.

Pantai Watu Kodok

pantai watu kodok gunung kidul
matajati.com

Untuk menuju Pantai Watu Kodok harus menghadapi jalan yang lumayan rusak, jadi anda harus berhati-hati. Pantai ini dinamai watu kodok mungkin karena ada batu-batuan yang berbentuk menyerupai kodok. Bisa dibilang Pantai ini sangat sepi dan belum banyak pengunjungnya mungkin karena akses jalannya yang kurang bagus dan pantai ini tergolong pantai yang baru di buka. Meskipun sepi pengunjung pantai ini memiliki fasilitas yang bagus seperti gazebo, warung, parkiran, dan toilet.

Pantai Drini

pantai drini gunung kidul
katalogwisata.com

Setelah mengunjungi Pantai Watu Kodok, kami melanjutkan perjalanan dan tiba di Pantai Drini. Pantai yang memiliki pulau terumbu karang yang sangat cantik membelah Pantai Drini menjadi dua bagian. Sisi barat dengan ombak yang besar dan sisi timur yang tenang. Ketika pantai surut anda bisa pergi ke pulau itu. Pantai ini merupakan salah satu pantai populer di Gunung Kidul.

Pantai Pok Tunggal

pantai pok tunggal gunung kidul
www.wisata.gunungkidulkab.go.id

Pantai terakhir yang kami kunjungi yaitu Pantai Pok Tunggal. Untuk menuju pantai ini anda haru berjuang menghadapi jalan yang tidak bersahabat. Untuk sampai pantainya pun lumayan jauh, tapi itu semua akan terbayar apabila anda sampai di pantai ini.

Memiliki pasir putih yang bersih, ombak berwarna biru pun menyambut kami dengan begitu indahnya. Ikon dari pantai ini adalah pohon duras yang berada di pinggir pantai. Pohon duras ini sulit sekali untuk tumbuh, oleh karena itu warga di sekitar Pantai Pok Tunggal sangat menjaga pohon tersebut.

Anda jangan sekali-kali memanjat pohon ini jika tidak mau di marahi oleh warga. Anda juga bisa menikmati keindahan pantai dan laut Pok Tunggal di atas tebing yang tingginya kurang lebih 50 meter. Saya dan teman saya pun menuju ke atas tebing melalui jalan setapak yang sudah disediakan.

Pemandangannya memang bagus sekali jika di lihat dari atas tebing. Karena lapar, kami pun membeli makanan seafood di warung-warung makan yang ada di pinggir pantai. Harganya juga lumayan terjangkau dan masakannya lumayan enak.

Itulah cerita saya ketika menelusuri 6 pantai yang ada di Gunung Kidul. Sebenarnya masih banyak pantai-pantai yang bagus untuk di kunjungi di Gunung Kidul dan daerah pantai lainnya di daerah Jogja. Mungkin lain waktu saya akan berbagi cerita pantai-pantai lain yang ada di Jogja Terimakasih.