5 Universitas Terbaik Di Korea Ini Berkaliber Dunia

Universitas Terbaik di Korea – Univeresitas Di Indonesia yang belakangan ini demam dengan boy atau girl band dan drama-drama asal Korea. Negara republik yang memiliki julukan negeri ginseng ini juga ternyata memiliki universitas-universitas terbaik di Korea. Korsel atau Korea Selatan mengalami perkembangan yang sangat cepat di dunia.

Bayangkan saja kecepatan koneksi internetnya mencapai 100 MB per detik! Kenceng bangetkan. Di Korea inilah lahir merek-merek raksasa seperti Samsung dan LG. Kembali lagi ke topik tentang pendidikan. Selain menjadi tempat destinasi liburan atau berwisata, Korea Selatan memiliki banyak peminat dari para anak muda Indonesia yang ingin melanjutkan kuliahnya di sana.

Walaupun banyak juga universitas di Asia Tenggara yang menjadi primadona untuk melanjutkan kuliah, Korea akhir-akhir ini peminat para mahasiswa Indonesia untuk kuliah di sana semakin bertambah.

Kenapa Harus Kuliah Di Korea Selatan?

universitas terbaik di korea
pixabay.com

Korea Memiliki Universitas Berkelas Dunia

universitas terbaik di dunia
pixabay.com

Ada tiga universitas populer di Korea yaitu Universitas Korea, Universitas Nasional Seoul, dan Universitas Yonsei. Universitas-universitas tadi memiliki program kuliah yang sangat unggul dibandingkan universitas lainnya. Para alumninya jug banyak dicari-cari oleh perusahaan besar.

Budaya Korea Yang Unik

budaya korea
pixabay.com

Mulai dari boy/ girl band sampai drama-drama yang terkenal sampai di Indonesia. Budaya Korea pun banyak yang memikat hati orang-orang. Hal inilah sebab dari kenapa Korea menjadi sasah satu tempat para mahasiswa internasional untuk melanjutkan studinya.

Dengan tinggal di sanalah jika ingin merasakan langsung budaya Korea sekaligus kuliah di sana. Meskipun di Seoul ibukota dari Korea Selatan merupakan kota yang sibuk dan banyak gedung pencakar langit, budaya dan tradisi asli Korea masih tetap terjaga.

Di sana juga banyak sekali kuliner-kliner unik khas Korea Selatan. Kamu juga tidak perlu khawatir masalah transportasi di sana, karena sistem transportasi di Korea Selatan sangat maju dan canggih. Kamu bisa dengan mudahnya pergi ke mana pun, baik ke pedesaan, pegunungan dan ke kota-kota lain di Korea Selatan.

Jumlah Mahasiswa Internasional Terus Ditambah Oleh Korea Selatan

mahasiswa internasional
pixabay.com

Pemerintah Korea Selatan pada tahun 2015 mempunyai program untuk menambah jumlah mahasiswa internasional sebanyak 200.000 orang ke Korea sebelum tahun 2023. Saat ini mahasiswa internasional yang ada di Korea hanya sebesar 105.000 mahasiswa saja, maka kesempatan untuk kuliah di Korea sangat terbuka lebar.

Daftar Universitas Terbaik Di Korea Selatan

#1 Seoul National University

seoul national university
greshamsmith.com

Universitas National Seoul atau Seoul National University merupakan universitas dengan peringkat tertinggi universitas di Korea Selatan. Universitas ini menempati peringkat ke 35 dalam QS World University Rankings 2016-2017 dan menempati peringkat ke 10 QS University Rankings Asia 2016.

Universitas ini didirikan pada tahun 1946 sebagai universitas nasional pertama di Korea Selatan. Seoul National University merupakan salah satu universitas yang paling bergengsi dn menyediakan penelitian pendidikan kepada lebih dari 30.000 mahasiswa dari sarjana sampai tingkat PhD.

Universitas ini memiliki dua kampus di Kota Seoul. Satu berada di Gwanak di bagian sisi selatan kota dan satu di pusat kota di distrik Jongno yang merupakan kampus terbesar di ibukota. Universitas Nasional Seoul memiliki banyak portofolio yang bermitra dengan kampus internasional sebanyak 273 universitas di 56 negara. Untuk info lebih jelas bisa klik di sini.

#2 KAIST (Korea Advanced Institute of Science & Technology)

kaist university
askakorean.blogspot.com

Terletak di Daejon, KAIST adalah lembaga pendidikan tinggi yang menempati peringkat ke dua di Korea. Sebuah universitas riset di mana populasi mahasiswanya tidak lebih dari 1000 orang mahasiswa. KAIST didirikan sebagai salah satu tempat riset nasional pertama yang berfokus pada ilmu pengetahuan dan lembaga teknik.

Menempati perinkat ke 46 di QS World University Rankings dan peringkat ke 6 di QS Asia 2016. Universitas ini juga meruakan universitas terkemuka dunia di bawah usia 50 tahun. Sebagian besar program yang ada di KAIST dalam bidang STEM (Science, Technology, Engineering, dan Mathematics).

Kurang lebih dua jam perjalanan menggunakan kereta untuk menuju ibukota, KAIST adalah bagian dai pusat kota Daejon, sebuah kota metropolitan terbesar kelima di Korea Selatan. Kamu bisa kunjungi link ini untuk informasi lengkap tentang KAIST.

#3 Pohang University of Science and Techology (POSTECH)

postech university
postech.ac.kr

Merupakan Univesitas yang menawarkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang fokus dalam bidang teknologi, POSTECH adalah universitas riset peringkat ke 83 dunia, peringkat ke 12 di Asia, dan peringkat ke lima di QS Top 50 under 50.

POSTECH memiliki luas lahan sebesar 378 hektar, untuk menuju kampus cukup dengan waktu kurang lebih 20 menit dari kota Pohang. Banyak sekali fasilitas yang da di universitas ini seperti fasilitas umum yang seperti akomodasi siswa, cafe dan lain-lain, tapi ada juga perpusatakaan digital, tempat olahraga, kebun yang indah, dan juga ada taman patung.

Universitas ini merupakan universitas pertama di Korea Selatan yang secara resmi menggunakan dua bahasa dalam pengajarannya pada tahun 2010. Dimana jenjang junior, senior dan sarjana diajarkan dalam bahasa Korea dan Inggris. Kamu juga bisa baca info tentang universitas ini di sini.

#4 Korea University

universitas korea
learningspacedesignanddevelopment.blogspot.com

Universitas Korea atau Korea University menempati peringkat ke 98 di dunia dan peringkat ke 16 di Asia. Mempunyai rival yaitu dengan Yonsei University di mana mereka saling adu kompetisi di bidang olahraga. Universitas ini memiliki mahasiswa kurang lebih sekitar 37.500 orang .

Lebih dari 98% mengambil jenjang PhD. Di universitas ini program sarjana hukum adalah salah satu program yang paling bergengsi di Korea. Terletak di Seoul, Universitas ini terbagi menjadi beberapa departemen menyebar di seluruh kota, di mana kampus utamanya yaitu Kampus Anam dekat ke restoran, toko-toko dan atraksi budaya. Di dekat Kampus Anam juga ada kuil Buddha yang terkenal. Info lengkap mengenai universitas ini klik di sini.

#5 Sungkyunkwan University

sungkyun kwan university
www.globalstudio.uwa.edu.au

Menempati peringkat ke 106 dunia dan peringkat ke 19 di Asia, Universitas Sungkyunkwan merupakan lembaga pendidikan tinggi swasta yang memiliki dua kampus utama, yaitu Kampus Humaniora dan Kampus Ilmu Sosial di Seoul. Universitas ini memiliki sejarah yang panjang sejak pendiriannya pada tahun 1398 oleh Dinasti Joseon. Saat ini mahasiswanya sekitar 34.700 orang. Sungkyunkwan merupakan salah satu universitas di bidang medis terbaik di Korea. Baca juga di sini.

Ternyata selain budaya k-pop dan drama koreanya yang sangat populer di Indonesia. Universitas terbaik di Korea juga banyak yang diperhitungkan di dunia. Semoga artikel ini bermanfaat dan bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Korea semoga bisa tercapai.

Advertisements

Kommen