Advertisements

Contoh Usaha Rumah Makan Yang Bagus Untuk Pemula

Bisnis kuliner atau usaha rumah makan merupakan bisnis yang tidak ada habisnya hingga sekarang. Banyak inovasi-inovasi baru di dunia bisnis ini yang terus bermunculan. Tak heran dengan keuntungannya yang lumayan besar bisnis kuliner bisa jadi pilihan buat anda yang ingin merintis usaha.

Sebelum anda baca artikel tentang usaha rumah makan. Saya sarankan lihat dulu kisah sukses usaha rumah makan berikut yang sangat menginspirasi ini.

Contoh Usaha Rumah Makan Di Indonesia

usaha rumah makan gambar
wisatamu.com

Banyak sekali jenis usaha rumah makan yang bisa anda coba. Akan tetapi beberapa jenis usaha rumah makan ini tidak pernah tergerus oleh zaman. Hingga saat ini masih tetap bertahan. Langsung saja inilah contoh usaha rumah makan yang bisa anda coba.

Usaha Rumah Makan Padang

usaha rumah makan padang picture
backpackerstory.com

Bagi anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan rumah makan yang satu ini. Rumah makan Padang sesuai dengan namanya menyajikan berbagai macam masakan dari Padang ibukota dari provinsi Sumatera Barat. Di kota-kota besar atau kecil sekali pun pasti kita dengan mudahnya menemukan rumah makan Padang.

Ada banyak menu yang ditawarkan, menu yang paling terkenal dari rumah makan Padang ini yaitu rendang. Membuka usaha rumah makan Padang bisa menjadi salah satu usaha yang bisa anda coba. Dengan harganya yang lumayan murah untuk semua kalangan ditambah rasa makanannya yang kaya akan rempah-rempah menjadikan makanan ini cocok untuk lidah orang Indonesia.

Kelebihan Membuka Usaha Rumah Makan Padang

Dengan harga yang murah, rumah makan Padang masih menjadi primadona di masyarakat. Rumah makan ini pun biasanya selalu laris di serbu oleh para penikmat masakan Padang. Menu-menunya yang beragam menjadikan banyak pilihan sesuai dengan selera masing-masing.

Dengan cita rasanya yang khas menjadikan masakan Padang diminati banyak dari berbagai kalangan. Penyajiannya yang unik biasanya pelayan membawakan banyak lauk yang di tumpuk di lengan pelayannya, terlihat seperti sebuah atraksi yang menghibur pengunjung rumah makan.

Kekurangan Membuka Usaha Rumah Makan Padang

Ada kalanya ketika menjalankan usaha rumah makan Padang ini makanan banyak yang tersisa. Tips untuk menyiasatinya yaitu dengan memperhitungkan lauk pauk yang disajikan agar tidak berlebih. Soalnya apabila lauk atau sayuran disajikan untuk keesokan harinya rasanya pasti berkurang.

Para pesaing dari rumah makan lainnya pun banyak. Karena di Indonesia sendiri banyak sekai rumah makan yang menyediakan masakan khasnya sendiri. Maka anda perlu memiliki nilai lebih dari rumah makan lainnya sehingga pelanggan tetap setia untuk berkunjung ke rumah makan anda.

Tips Membuka Usaha Rumah Makan Padang

tips usaha rumah makan padang gambar
reference.com

Galilah informasi sebanyak mungkin tentang masakan-masakan Padang yang paling diminati di masyarakat. Pada umumnya menu yang wajib ada di masakan Padang adalah sayur nangka, rebusan daun singkong, sambal khas Padang dan lauk pauk lainnya.

Siapkanlah peralatan dan perlengkapannya untuk menjalankan usaha ini. Yang wajib anda siapkan seperti peralatan masak, etalase untuk memajang makanan, alat makan, tempat, meja dan kursi.
Carilah lokasi yang strategis.

Target pasar dari usaha ini sangat besar maka anda perlu mencari tempat yang berpotensi banyak dilalui orang atau dekat dengan perkantoran, kampus atau tempat dimana banyak orang berkumpul. Pastikan tempat anda rapih dan bersih supaya pelanggan baru berani untuk mencoba.

Ketika buka berikanlah diskon atau gratis minuman supaya pelanggan baru tertarik menuju rumah makan anda. Pada umumnya menu di rumah makan Padang harganya murah-murah. Jadi anda jangan terlalu tinggi cukup kisaran Rp. 6000 – Rp.12.000 sesuaikan dengan lauknya.

Rasa masakannya harus dipertahankan sesuai dengan masakan Padang. Jangan menurunkan kualitas rasa dari masakan agar para pelanggan anda tidak kecewa dan lari ke rumah makan orang lain.

Usaha Rumah Makan Seafood

usaha rumah makan seafood picture
blogresepku.wordpress.com

Makanan yang satu ini sangat nikmat jika di santap ketika waktu malam hari yang dingin dibarengi dengan hujan rintik-rintik rasanya pasti semakin mantap. Indonesia yang merupakan negara dengan garis pantai terpanjang memiliki banyak keanekaragaman biota laut.

Tidak heran banyak jenis ikan laut yang bisa di olah menjadi masakan yang lezat. Usaha rumah makan seafood merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Di Indonesia banyak sekali penggemar masakan seafood akan tetapi dikarenakan proses memasaknya membutuhkan waktu dan proses yang lama maka mereka cenderung membeli dibandingkan memasak sendiri di rumah.

Dengan banyak menu pilihan, rumah makan seafood ini meskipun harganya cukup mahal, tapi tidak pernah sepi peminatnya. Maka target pasarnya pun cenderung orang menengah ke atas. Banyak menu yang bisa anda tawarkan diantarnya rajungan, kerang, kepiting, cumi, ikan laut, dan jenis ikan lainnya.

Kelebihan Membuka Usaha Rumah Makanan Seafood

Dengan mengambil ceruk pasar peminat makanan seafood membuat peluang usaha ini sangat berpotensi untuk dijalankan. Di samping itu banyak orang yang tidak ingin susah untuk memasak seafood.

Orang menengah ke atas yang suka dengan masakan seafood pasti akan banyak mencari rumah makan yang menyediakan menu seafood.

Kekurangan Membuka Usaha Rumah Makan Seafood

Dengan harga makanannya yang cukup mahal membuat usaha ini hanya menyasar pasar tertentu saja. Harga dari bahan bakunya pun tidak menentu karena sifatnya yang musiman dan sewaktu-waktu apabila bahan baku langka harganya bisa tiba-tiba naik.

Tips Usaha Rumah Makan Seafood

tips usaha rumah makan seafood gambar
ramus.co.uk

Pilihlah bahan utama masakan seafood yang segar untuk menjaga kualitas masakan. Secara tidak langsung pun pelanggan tidak akan pernah kapok untuk makan di tempat anda jika cita rasa dari masakan seafood anda tetap sama.

Jagalah kebersihan di tempat usaha anda agar pelanggan merasa nyaman ketika menikmati lezatnya masakan seafood anda.

Untuk mendapatkan pelanggan yang banyak bukalah jam operasional anda lebih lam bisa dari sore hari sampai tengah malam.

Pilihlah tempat usaha yang strategis. Anda bisa memilih tempat usaha yang dekat dengan komplek perumahan atau di pinggir jalan yang banyak pengendara yang lalu lalang.

Usaha Rumah Makan Bebek

usaha rumah makan bebek picture
tokomesin.com

Di kota-kota besar akhir-akhir ini menjamur rumah makan yang menyediakan masakan bebek, ada bebek goreng, bebek presto, dan bebek bakar. Hal ini ada anggapan di masyarakat bahwa daging bebek lebih sehat dibandingkan dengan daging ayam.

Daging bebek memiliki ciri khas sendiri dibandingkan dengan daging unggas yang lainnya. Dagingnya sedikit alot dan agak basah, akan tetapi rasanya sangat gurih.

Kelebihan Usaha Rumah Makan Bebek

Dengan menarget konsumen yang lebih spesifik, yaitu kepada orang ang menyukai sajian hidangan bebek menjadikan peluang yang cukup menarik untuk anda jalankan. Anda bisa lebih terfokus dalam inovasi menu yang hanya berbahan utama bebek.

Kekurangan Usaha Rumah Makan Bebek

Tidak mungkin setiap harinya orang memakan menu bebek. Anda dituntut untuk lebih kreatif dalam hal marketing dan promosi suapaya usaha rumah makan bebek anda selalu ramai dikunjungi banyak penikmat sajian bebek.

Tips Usaha Rumah Makan Bebek

tips usaha rumah makan bebek gambar
hulaa.com

Seperti dengan usaha rumah makan lainnya, usaha rumah makan bebek harus mendatangkan banyak pengunjung ketika baru buka.

Hal ini supaya menjadikan citra yang baik untuk calon pelanggan bahwa rumah makan bebek anda sealu ramai.

Ini bisa menjadi sinyal bahwa rumah makan bebek anda memang enak dan patut untuk dicoba.

Sepekan sekali berikan promo atau voucher diskon kepada konsumen untuk menarik konsumen lainnya.

Tips Dan Kiat Sukses Usaha Rumah Makan Untuk Pemula

tips sukses usaha rumah makan gambar
ageofthecustomer.com
  • Anda harus mengetahui komponen harga bahan baku masakan. Ini sangat penting karena sewaktu-waktu harga bisa naik. Jadi, anda harus bisa mengantisipasinya.
  • Jangan berperan ganda. Jika awal mula anda merangkap menjadi pemilik dan koki di usaha rumah makan anda, usahakan agar anda nanti bisa memilih hanya menjadi pemilik saja supaya anda lebih fokus ke pengembangan usaha anda.
  • Pilihlah lokasi yang strategis untuk usaha rumah makan anda. Karena lokasi ini sangat penting sekali untuk usaha rumah makan. Meskipun ada usaha yang jauh dan terpencil memiliki banyak pelanggan. Akan tetapi bagi anda sebagai pemain pemula wajib hindari hal ini.
  • Pahamilah target pasar anda. Misalnya target pasar anda mahasiswa harganya harus murah dan porsinya juga lumayan banyak, karena biasanya para mahasiswa mencari rumah makan yang murah dan banyak porsinya.
  • Berikan voucher diskon untuk pelanggan anda ketika anda pertama kali buka. Hal ini bertujuan untuk menggaet calon pelanggan lain agar mencoba masakan yang disajikan di rumah makan anda.

Contoh Analisis Usaha Rumah Makan Padang

Tabel Modal Awal

Modal AwalBiaya
Biaya Sewa TempatRp. 28.000.000
Biaya etalaseRp. 2.500.000
Alat MasakRp. 2.000.000
Alat MakanRp. 1.000.000
Penghangat nasiRp. 300.000
Meja dan kursiRp. 1.500.000
TotalRp. 35.300.000

Tabel Biaya Penyusutan Peralatan

Nama BarangBiaya Penyusutan
Penyusutan etalase: 1 /60 bulan x RP. 2.500.000Rp. 42.000
Penyusutan alat masak: 1 /36 bulan x Rp. 2.000.000Rp. 55.000
Penyusutan alat makan: 1 /24 x Rp. 1.000.000Rp. 41.000
Penyusutan penghangat nasi: 1 /24 bulan x Rp. 300.000Rp. 12.500
Penyusutan Meja dan kursi: 1 /60 bulan x Rp. 1.500.000Rp. 25.000
Total Penyusutan /BulanRp. 175.000

Tabel Biaya Operasional Per Bulan

NamaBiaya
Beras (19 kg x Rp. 10.000 /kg x 26 hari)Rp. 4.940.000
Daging, telur, ikan, dll (Rp. 600.000 x 26 hari)Rp. 15.600.000
Bumbu (Rp. 70.000 x 26 hari)Rp. 1.820.000
Gula pasir, jeruk, tehRp. 550.000
Gas LPG 3 kg(Rp. 17.000 x 15 tabung)Rp. 255.000
Sewa tempat (Rp. 28.000.000 : 12 bulan)Rp. 2.300.000
Gaji karyawan (Rp.800.000 x 2 orang)Rp. 1.600.000
Biaya ListrikRp. 300.000
AkomodasiRp. 250.000
Biaya PenyusutanRp. 175.000
KebersihanRp. 80.000
TOTALRp. 26.020.000

Itulah usaha rumah makan dari saya yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Kommen