Advertisements

Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Enak Di Tasikmalaya

Apakah kamu pernah ke Tasikmalaya atau orang Jawa Barat sering menyebutnya Tasik dan mencoba kulinernya di sana? Jika belum, kali ini saya akan membahas wisata kuliner di Tasikmalaya yang enak-enak. Tasikmalaya merupakan ibu kota dari Kabupaten Tasikmalaya.

Kota yang cukup ramai di Jawa Barat ini menyimpan banyak pesona alam yang indah. Tasikmalaya sendiri dikenal dengan kuliner bakso-baksonya yang enak-enak. Akan tetapi, saya tidak akan merekomendasikan bakso yang enak saja.

Masih banyak kuliner-kuliner yang nikmat di Tasikmalaya. Kota yang hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dari Bandung ini bisa dijadikan destinasi wisata kuliner selain wisata di bandung. Apabila satu saat nanti kamu mampir ke Tasik, cobalah ke beberapa wisata kuliner di Tasikmalaya ini.

Wisata Kuliner Di Tasikmalaya

wisata-kuliner-di-tasikmalaya

Bubur Ayam H. Zaenal Tasikmalaya

bubur-ayam-h-zaenal-tasikmalaya

Jika kamu pagi-pagi perut sudah keroncongan dan masakan belum siap, bubur ayam bisa menjadi salah satu alternatif untuk membasmi perut laparmu. Di Tasikmalaya ada satu bubur ayam yang sangat terkenal nama buburnya yaitu Bubur Ayam H Zaenal.

Dengan buburnya yang lezat dan gurih membuat lidah terasa ingin terus melahap. Bubur ayamnya lebih kental daripada bubur ayam kebanyakan. Taburan sayur, cakue, tongcai, seledri dan suwiran ayamnya juga banyak menghiasi di atasnya.

Kamu juga bisa meminta tambahan telur. Ayamnya juga menggunakan ayam kampung dengan beratnya sekitar 2,5 kilogram. Buka dari pukul 06.00-14.00 kadang-kadang pukul 2 saing juga sudah tutup, karena buburnya sudah habis. Alamat Bubur Ayam H Zaenal berada di Jalan Kolektoran atau H. Ikik Wiradikarta, Tasikmalaya.

Tutug Oncom Benhil Tasikmalaya

nasi-tutug-oncom-benhil-tasikmalaya

Mungkin sebagian kamu belum pernah mendengar atau merasakan yang namanya tutug oncom atau orang Sunda sering menyebutnya TO (Tutug Oncom). Kuliner ini juga merupakan salah satu kuliner khas yang ada di Tasikmalaya.

Makanan ini terbuat dari oncom yang dicampur dengan nasi. Buat kamu yang belum tahu oncom, oncom merupakan olahan dari kedelai yang diberi ragi lalu digoreng. Sejarahnya dulu nasi tutug oncom ini makanannya orang miskin dikarenakan waktu zaman penjajahan untuk mendapatkan lauk untuk makan sangat susah.

Tapi jangan salah ya saat ini nasi TO ini merupakan makanan yang digemari oleh masyarakat khususnya di Tasikmalaya. Salah satu tempat untuk menikmati nikmatnya nasi tutug oncom ada Nasi TO Benhil.

Nasi Tutug Oncom Benhil punya rasa yang gurih, ada dua pilihan sambal yaitu ada sambal ijo dan sambal merah. Untuk kamu yang suka pedas sambal ijo ini cocok buatmu sedangkan jika kamu kurang menyukai pedas kamu bisa memilih sambal merah.

Kamu juga bisa request kedua sambalnya dalam satu porsi nasi tutug oncom. Di lengkapi dengan sayuran seperti terong, timun, dan leunca untuk melengkapi nikmatnya nasi TO Benhil ini. Harga untuk satu porsinya pun relatif murah kamu cukup mengeluarkan kocek 5000-8000 untuk menikmati nasi TO dilengkapi dengan lalapan dan sambal.

Nasi TO Benhil buka mulai pukul 09.00 sampai habis dan biasanya jam 2 siang sudah habis. Alamatnya berada di Jalan Dadaha (Dekat dengan Kampus UPI Tasikmalaya).

Mie Bakso Firman Tasikmalaya

mie-bakso-firman-tasikmalaya

Kamu pasti pernah atau mungkin sering menikmati kuliner yang satu ini. Ya kuliner bakso mungkin di seluruh kota-kota Indonesia sudah ada. Percaya atau tidak di Tasik ini banyak sekali pedagang bakso yang hampir semuanya enak-enak.

Bisa aja Kota Tasik dibranding menjadi kota Bakso. Hampir semua tempat penuh dengan pelanggannya masing-masing. Kali ini saya akan merekomendasikan salah satu bakso enak di Tasikmalaya yaitu Mie Bakso Firman.

Mie bakso ini bisa dibilang adalah pendatang baru yang berjualan bakso di Tasik. Awal mula buka Bakso Firman langsung dibanjiri dengan para pencinta kuliner bakso. Ciri khas bakso ini mie nya menggunakan mie gepeng seperti kuwetiau.

Rasa daging sapinya nendang banget menjadikan Mie Bakso Firman ini menjadi salah satu primadona para penggemar bakso. Harga dari Bakso Firman cukup murah kamu cukup mengeluarkan uang 17.000 sudah bisa menikmati satu porsi bakso nikmat ini. Alamatnya di Jalan Dokter Sukardjo daerah simpang lima, Tasikmalaya.

Soto Ayam Pataruman 23 Tasikmalaya

soto-ayam-pataruman-tasikmalaya

Kuliner berkuah selain bakso ini banyak juga dijual di berbagai kota di Indonesia di mana masing-masing kota memiliki rasa khasnya masing-masing. Di Tasik juga banyak yang menjual soto tapi ada satu soto legenda yang sudah berdiri selama 60 tahun lebih namanya Soto Ayam Pataruman 23.

Kunci bertahannya soto ini yaitu pada cita rasanya yang terus dijaga sampai saat ini rasanya tidak berubah. Buat kamu pencinta soto sejati wajib cicipi soto legenda ini. Daging soto ini memakai daging ayam kampung.

Layaknya seperti soto betawi soto ini memakai santan. Pilihan menunya beraneka ragam untuk tambahan sotonya ada daging paha, kulit, telur, kepala, hati ampela, dan brutu. Apabila kamu bingung ingin pilih menu yang mana kamu bisa pilih menu campur.

Soto Ayam Pataruman ini beralamatkan di Jalan Pataruman No. 23.

Kupat Tahu Tasikmalaya Kabita

kupat-tahu-kabita-tasikmalaya

Di Tasik banyak sekali pedagang yang menjual kupat tahu di beberapa sudut kota Tasikmalaya. Biasanya di santap untuk sarapan atau saat siang hari ditambah sambal yang pedas wuiih rasanya pasti nikmat.

Ada satu tempat pedagang kupat tahu yang sudah beroperasi sejak tahun 80an, Kupat Tahu Kabita namanya. Kupat tahu ini memiliki rasa khas pada bumbunya yang lembut di lidah dan tahunya yang kering.

Pembeli juga bisa request tahunya mau di goreng kering, setengah matang, atau matang atau sampai kering banget sampai kriuk-kriuk. Yang paling istimewa dari kupat tahu ini tahunya didatangkan langsung dari Nagrog, Indhiang yang terkenal dengan kelezatan tahunya.

Bumbu kacangnya juga tiada duanya dibarengi dengan kupat yang pulen. Pemilik dari Kupat Tahu Kabita in adalah pasangan Bapak Maman dan Ibu Wiwi. Bumbu kupat tahunya mereka sendiri yang buat. Saat ini, penerusnya Dewi sang anak terus melanjutkan jualannya.

Tidak hanya di rumah, penjualannya saat ini sudah menggunakan mobil untuk merambah pasar yang lebih luas lagi. Dalam sehari kupat tahunya bisa terjual sebanyak 200 porsi besar. Kupat tahu ini juga bisa dijadikan oleh-oleh bagi kamu yang ingin membungkusnya, karena dengan memisahkan bumbu kacangnya kupat tahu ini bisa bertahan beberapa hari.

Kamu bisa menemukan Kupat Tahu Kabita ini di Jalan Tarumanegara No. 36, Kec. Tawang, Kota Tasikmalaya. Buka dari jam 07.00-20.00.

Martabak Ramayana Tasik

martabak-ramayana-tasikmalaya

Setelah tadi membahas kulner yang berkuah dan asin-asin. Kali ini saya akan merekomendasikan kuliner yang manis dan sudah familier di masyarakat Indonesia. Ya martabak adalah salah satu kuliner yang biasa menjadi camilan untuk bersantai bersama keluarga.

Di Tasikmalaya martabak yang terkenal enak yaitu Martabak Ramayana. Martabak ini merupakan salah satu kuliner unggulkan yang ada di Tasikmalaya. Berdiri sejak tahun1993, tempatnya nyaman serta lahan parkirnya nyaman pula.

Martabak ini terkenal dengan kelezatan martabak manisnya, tapi buat kamu yang doyan sama martabak yang asin di Martabak Ramayana juga tersedia martabak daging sapi dan ayam. Dibuktikan dengan 12 cabang rasa martabak ini jangan diragukan lagi.

Menu favorit di Martabak Ramayana ini adalah martabak manis isi cokelat, keju, atau kacang. Alamatnya di Jalan Tentara Pelajar No. 70, Kec. Tawang, Kota Tasikmalaya.

Selain wisata kuliner, Tasik juga ada beberapa destinasi tempat wisata yang perlukamu coba.

Bonus Peta Wisata Kota Tasikmalaya

peta-wisata-tasikmalaya

Itulah rekomendasi wisata kuliner di Tasikmalaya yang patut kamu coba. Selamat mencoba.

Advertisements

1 thought on “Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Enak Di Tasikmalaya

Kommen