Wisata Kuliner Kediri Ini Dijamin Buat Kamu Ketagihan

Wisata Kuliner Kediri – Membahas kuliner yang ada di daerah Indonesia pasti tidak akan ada habisnya. Wisata kuliner kediri contohnya, banyak sekali makanan-makanan khas dari kediri yang enak dan juga unik. Kali ini kita akan memberikan rekomendasi kuliner di kediri yang perlu bahkan wajib kamu coba jika mampir ke kota dengan julukan kota tahu ini.

Mengenal Singkat & Wisata Kuliner Di Kediri

wisata kuliner kediri
5tempatwisatabagus.wordpress.com

Kediri merupakan sebuah daerah yang berada di Jawa Timur. Terletak kurang lebih 130 km barat daya Surabaya, Kediri juga merupakan kota terbesar ke 3 di Jawa Timur. Memiliki luas wilayah sebesar 63,40 km2, kota Kediri dibelah dengan sungai berantas dengan panjangnya 7 km. Kota ini juga dikenal dengan industri rokoknya, di mana perusahaan-perusahaan rokok terbesar dan di mana manusia terkaya di Indonesia yang di industri rokok pabriknya ada di Kediri.

Ingat Kediri Ingat Tahu

wisata kuliner kediri-kota tahu
www.negerikuindonesia.com

Ya saya tadi sudah menyinggung bahwa Kediri ini terkenal dengan julukan kota tahu, di Kediri banyak sekali pedagang-pedagang tahu karena tahu merupakan salah satu makanan andalan kota ini. Tapi ada dua tahu yang sangat terkenal di Kediri.

Tahu Takwa Kediri Yang Legenda

wisata kuliner kediri tahu takwa
murid-alam.blogspot.com

Sudah ada sejak tahun 1912, tahu takwa ini merupakan oleh-oleh khas yang ada di Kediri juga merupakan ikon dari kota ini. Tahu ini bisa kamu temukan di Jl. Trunojoyo, pembuatan tahu nya masih secara manual yaitu dengan mengandalkan tenaga manusia. Warna tahu Takwa berwarna kuning rasa tahunya sangat gurih, tidak masam, dan kenyal.

Tahu Poo Camilan Cocok Untuk Cuaca Dingin

wisata kuliner kediri tahu poo
tripseru.blogspot.com

Tahu yang tidak kalah terkenal dan ramai dikunjung oleh para pelancong ini bernama Tahu Poo. Tahu ini cocok sekali dinikmati pada cuaca atau hari yang dingin apalagi jika saat hujan. Jika kamu ingin membeli tahu ini untuk oleh-oleh atau mau langsung mencoba nikmatnya Tahu Poo, penjual tahu ini berada di  Jl. Yos Sudarso.

Tahu Poo beda dengan Tahu Takwa. Tahu Poo mempunyai ciri khas apabila digoreng, tengah tahunya mengembang. Lebih nikmat lagi apabila kamu memakannya dengan sambal petis atau cabe biar makin mantap.

Stik Tahu Kediri

wisata kuliner kediri stik tahu
katalog.or.id

Masih sama makanan dari olahan tahu. Ini merupakan inovasi olahan tahu yang ada di Kediri. Masih diproduksi dengan cara tradisional, dengan bahan utama yang pastinya tahu ditambah dengan berbagai rempah-rempah sebagai bumbunya menjadikan stik tahu Kediri ini gurih dan renyah ketika di gigit. Kamu bisa beli stik tahu ini di Jl. Patimura atau Jl. Yos Sudarso. Kamu wajib coba stik tahu ini jika berkunjung ke Kediri.

Gethuk Pisang Khas Kediri

wisata kuliner gethuk pisang
tokopedia.com

Makanan khas Kediri yang satu ini bisa menjadi buah tangan untuk keluarga bagi kamu yang sedang berkunjung ke Kediri. Untuk membeli panganan khas ini sangat mudah sekali, kamu bisa temukan penjual gethuk pisang di sepanjang Jl. Dhoho.

Terbuat dari olahan pisang yang rasanya manis, sedikit asam, dan juga legit yang membuat kamu ingin makan lagi dan lagi. Gethuk pisang ini rupanya seperti lontong, karena dibungkus dengan daun pisang. Hati-hati buat kamu yang akan membeli gethuk pisang, karena ada oknum pedagang yang menjual dengan bungkusnya yang tebal sedangkan isinya sedikit, jadi pandai-pandai memilih ya.

Sate Burung Emprit

wisata kuliner kediri sate burung emprit
kediriindah23.blogspot.com

Mungkin kamu baru mendengar semprit. Semprit ini merupakan salah satu burung yang biasanya mencari padi dan merupakan musuhnya para petani. Di Kediri burung emprit ini dijadikan sate yang sangat lezat. Kamu bisa menemukan penjual sate ini di Jl. Wahidin. Perpaduan bumbunya garam, kacang dan kecap menjadikan daging dari burung emprit sangat gurih. Dilengkapi dengan sambal yang lumayan pedas pasti menjadikan kamu ketagihan.

Sate Bekicot Kediri

wisata kuliner kediri sate bekicot
www.wisatatulungagung.com

Untuk sebagian anda mendengar kata bekicot mungkin sedikit geli atau bahkan merasa jijik. Tapi kamu bakal rugi deh jika ke Kediri tidak mencicipi makanan yang sedikit extreme ini. Percaya atau tidak sate bekicot ternyata enak juga dan dagingnya tidak amis.

Biasanya berisi 50 tusuk per porsinya dengan bumbu kacang yang lezat cukup untuk dua orang. Pembuatan sate bekicot ini berpusat di Dsa. Djengkol, Kec. Plosoklaten. Sekitar 10 km dari Monumen Simpang Lima Gumul.

Nasi Pecel Tumpang Khas Kediri

wisata kuliner kediri nasi pecel tumpang
makananindonesia-top.blogspot.com

Menemukan nasi pecel di daerah Jawa memang cukup mudah terutama di Jawa Timur, banyak sekali pecel-pecel dengan ciri khas daerahnya masing-masing. Di Kediri juga ada pecel yang khas yaitu pecel tumpang. Rekomendasi nasi tumpang yang enak kamu bisa ke Jl. Dhoho, jalan ini memang jalan tempat kulinernya Kediri.

Biasanya buka sektar jam 3 sore. Disajikan dengan diberi beragam lalapan sayur, lalu disiram sambal tumpang dan peyek. Semakin nikmat apabila makan bersama keluarga.

Nikmatnya Soto Branggahan

wisata kuliner kediri soto branggahan
insomnia1213.blogspot.com

Soto di berbagai daerah di Indonesia pasti ada yang menjualnya. Makanan yang biasanya pas buat makan pagi atau makan siang ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia berbagai macam kalangan. Kediri sendiri memiliki soto yang terkenal nama sotonya adalah Soto Branggahan.

Dinamakan Soto Branggahan karena soto ini memang dijual di sepanjang Jl. Desa Branggahan. Meskipun di luar desa ada yang menjualnya tapi tak sebanyak di desa ini. Soto Branggahan memiliki ciri khas soto ini disajikan dengan mangkuk yang kecil khas mangkuk cina dan sendok bebek. Kuahnya bersantan yang di tambah kemiri dan ayamnya ayam kampung.

Itulah wisata kuliner Kediri yang layak anda coba dan juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga. Semoga informasi di artikel ini bermanfaat. Setelah berwisata kuliner di Kediri kamu bisa pesan travel Kediri Surabaya bagi yang ingin pulang ke Surabaya.